Taklukkan Paraguay, Pelatih Brasil Dorival Puji Vinicius Bermain Sempurna

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juni 2024
0 dilihat
Taklukkan Paraguay, Pelatih Brasil Dorival Puji Vinicius Bermain Sempurna
Pemain Brasil, Vinicius Junior, merayakan gol pembuka bagi timnya melawan Paraguay pada laga kedua penyisihan Grup D Copa America 2024 di Las Vegas, Sabtu (29/6/2024) pagi WIB. Foto: AP/David Becker

" Pelatih Brasil, Dorival Junior, memuji keterampilan Vinicius Junior setelah pemain depan Real Madrid itu membawa timnya menang 4-1 atas Paraguay pada laga kedua penyisihan Grup D Copa America 2024 di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Sabtu (29/6/2024) pagi WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pelatih Brasil, Dorival Junior, memuji keterampilan Vinicius Junior setelah pemain depan Real Madrid itu membawa timnya menang 4-1 atas Paraguay pada laga kedua penyisihan Grup D Copa America 2024 di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Sabtu (29/6/2024) pagi WIB.

Vinicius meneror pertahanan Paraguay dengan kecepatan dan tipu dayanya saat ia mencetak dua gol dalam penampilan yang mengesankan, jauh dari penampilannya dalam hasil imbang 0-0 Brasil dengan Kosta Rika.

“Hari ini dia (Vinicius, red) memainkan peran yang sangat penting. Dia memainkan pertandingan yang hampir sempurna, dia menciptakan situasi dan peluang yang sangat bagus. Dia dinamis, sangat efektif, lugas dan langsung,” kata Dorival kepada wartawan usai pertandingan.

Brasil selanjutnya akan menghadapi pemimpin grup Kolombia di California pada Rabu (3/7/2024) pagi WIB, di mana hasil imbang cukup untuk mengamankan kualifikasi ke perempat final.

Baca Juga: Copa America 2024: Brasil Target Bungkam Paraguay

Kolombia sedang dalam performa baik. Dalam 25 pertandingan mereka tanpa kekalahan dan mengalahkan Brasil 2-1 di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023.

“Saya pikir (selanjutnya) kami akan memiliki pertandingan dengan level yang sangat tinggi, dengan pemain yang saling mengenal, yang biasanya bermain melawan satu sama lain,” ujar Dorival.

Dorival mengakui lawan Kolombia bukan hal mudah. Dia pun tak menampik bahwa dalam duel klasik nanti timnya akan bermain pada level yang lebih tinggi.

“Ini adalah tim yang berbeda yang mengalami momen yang berbeda tetapi saya tidak ragu bahwa Brasil akan tampil di level tertinggi, dan saya berharap itu akan lebih baik daripada dua pertandingan pertama ini,” terang Dorival.

Saat konferensi pers yang emosional, pelatih Brasil yang berlinang air mata itu juga berbicara panjang lebar tentang pamannya dan mantan pemain internasional Dudu, yang meninggal pada usia 84 pada Jumat malam.

“Dudu adalah referensi bagi saya sebagai pemain, sebagai pelatih tetapi terutama sebagai manusia,” kata Dorival.

Dudu, menurut Dorival, selalu mengkhawatirkan orang lain kecuali dirinya sendiri. “Dia adalah panutan bagi saya, saya selalu ingin mengikuti langkahnya. Bagi saya, dia sangat berarti, selain sejarah menakjubkan yang dia miliki,” tuturnya.

Dorival mengatakan dirinya tidak akan pernah bertemu orang seperti Dudu. “Dia adalah ayah kedua bagi saya, dia membimbing saya setiap saat dalam hidup saya,” lanjut Dorival.

Kemenangan Brasil atas Paraguay membuat Dorival dan pendukung fanatik tim Samba senang. Selain dua gol Vinicius, gol lainnya Brasil dicetak oleh Savinho di babak pertama dan Lucas Paqueta melalui tendangan penalti di babak kedua. Gol tunggal Paraguay dibuat oleh Omar Alderete.

Ada banyak momen menegangkan dengan lima kartu kuning dan satu kartu merah dalam duel kedua tim. Andres Cubas diusir keluar lapangan karena kartu merah pada menit ke-81, memaksa Paraguay bermain dengan 10 orang.

Baca Juga: Bintang Muda Brasil Endrick Felipe: Termotivasi Karena Orangtua Kelaparan

Susunan pemain

Paraguay: Rodrigo Moríñigo; Gustavo Velázquez; Fabián Balbuena, Omar Alderete, Matías Espinoza; Andrés Cubas, Mathias Villasanti, Damián Bobadilla; Julio Enciso, Miguel Almirón, Alex Arce.

Pelatih: Daniel Garnero.

Brasil: Alisson; Danilo, Marquinhos, der Militão, Wendell; João Gomes, Bruno Guimarães, Savinho, Paquetá, Vinícius Júnior; Rodrygo.

Pelatih: Dorival Júnior.

Pemain Terbaik Pertandingan Michelob ULTRA: Vinícius Júnior (Brasil)

Wasit: Piero Maza (Chile). (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga