Terdampak Paling Besar Gempa Yogyakarta, Pacitan Digelontor Bantuan Kemanusiaan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Terdampak Paling Besar Gempa Yogyakarta, Pacitan Digelontor Bantuan Kemanusiaan
Bantuan kedaruratan yang dikirim oleh pemerintah, diterima warga Pacitan sebagai imbas gempa Yogyakarta yang terjadi beberapa hari lalu. Foto: Ist.

" Ratusan bantuan kemanusiaan digelontorkan ke sejumlah daerah di Jawa Timur, sebagai dampak gempa Yogyakarta yang terjadi beberapa hari lalu "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ratusan bantuan kemanusiaan digelontorkan ke sejumlah daerah di Jawa Timur, sebagai dampak gempa Yogyakarta yang terjadi beberapa hari lalu. Bantuan antara lain bantuan kedaruratan bencana berupa 150 paket sembako dan 100 terpal.

Sejumlah daerah di Jawa Timur yang terdampak gempa Yogyakarta antara lain Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Blitar.

"Yang terparah di Pacitan. Oleh sebab itu bantuan dikirimkan ke Pacitan terlebih dahulu," jelas gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (2/7/2023).

Mantan Mensos ini mengatakan, Pacitan merupakan daerah yang paling terasa imbasnya. Hingga saat ini, hasil pendataan cepat kerusakan yang masuk ke BPBD antara lain rumah rusak ringan 23 unit, rumah rusak sedang 18 unit, rumah rusak berat 1 unit, dan 6 fasilitas umum rusak ringan.

Baca Juga: Gempa Tektonik 3.1 SR Guncang Kolaka Utara

Atas peristiwa ini, Khofifah mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Pasalnya, gempa susulan kapanpun bisa terjadi.

"Jadi saya minta masyarakat tetap waspada, tapi saya minta jangan panik. InsyaAllah, Allah menjaga kita semua. Pesan saya, tetap hati-hati dan mari saling tolong-menolong dengan mereka yang  terdampak bencana seperti gempa ini," jelas Ketum Muslimat NU ini.

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,4 mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa terkini di Bantul tersebut berpusat di laut."#Gempa Dirasakan Magnitudo: 6.4, Kedalaman: 25 km, 30 Jun 2023 19:57:43 WIB, Koordinat: 8.63 LS-110.08 BT (pusat gempa berada di laut 86 Km BaratDaya Bantul) #BMKG," demikian kata BMKG dalam akun Twitter @infoBMKG, Jumat (30/6/2023).

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Kepulauan Mentawai

Dampak gempa Yogyakarta yang terasa di Jawa Timur terbagi pada empat tingkatan. Di antaranya skala IV MMI, gempa dirasakan di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Nganjuk. Artinya, getaran dirasakan baik di dalam maupun di luar rumah, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sedangkan Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Jember, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Mojokerto, serta Kabupaten Lumajang merasakan skala III MMI. Atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara skala II MMI atau getaran yang dirasakan oleh beberapa orang sehingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang dirasakan oleh 8 kabupaten/kota di Jatim. Antara lain Kabupaten Bangkalan, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Tulungagung. (B)

Penulis; Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga