Unik, Penyelam Kibarkan Bendera di Bawah Laut Teluk Kulisusu Sambut HUT RI ke-76

Aris, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Unik, Penyelam Kibarkan Bendera di Bawah Laut Teluk Kulisusu Sambut HUT RI ke-76
Penyelam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Teluk Kulisusu, Butur. Foto: Ist.

" Salah satunya mengibarkan sang merah putih di Teluk Kulisusu Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Berbagai kalangan menyambut momentum hari kemerdekaan Indonesia dengan caranya masing-masing.

Salah satunya mengibarkan sang merah putih di Teluk Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (15/8/2021).

Pengibaran bendera di lautan itu sebagai bentuk semangat menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Sedikitnya enam orang tim penyelam dari berbagai kalangan itu, sukses melakukan aksi pengibaran bendera di bawah laut dengan kedalaman 10 meter.

 

Penyelam di bawah laut Teluk Kulisusu, Butur. Foto: Ist.

 

Mereka adalah Sudiar, Instruktur Nasional Selam dari Rock n Roll Divers, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari, dr. Awan, Khaidhar Ma'ruuf, Taufik, dan Deden.

Kegiatan itu dihadiri dan di-briefing oleh Bupati Butur Muh. Ridwan Zakariah dan Ketua Tim Penggerak PKK Butur, Muniarty M. Ridwan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati melepas enam tim penyelam yang akan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut.

Instruktur Nasional Selam dari Rock n Roll Divers, Sudiar mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut itu sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara dalam memperingati HUT RI ke-76.

Baca juga: Pulang dari Buka Blokade Jalan, Rombongan Bupati Muna Dihadang Warga

Baca juga: Sebelum Terbakar, ABK KM Sumber Poleang Pastikan Mesin Normal

"Juga menumbuhkan semangat cinta Tanah Air, khususnya cinta laut kepada para pencinta selam di seluruh Indonesia," ujarnya.

Apalagi, kata dia, potensi bawah laut Indonesia sangat beragam serta memiliki keindahan yang tak ada bandingannya.

"Namun yang lebih khususnya di Teluk Kulisusu ini, memiliki sebuah barrier reef atau karang penghalang dengan panjang sekitar 3 kilo meter yang membentang dari Utara ke Selatan di dalam Teluk Kulisusu," katanya.

Lebih lanjut, Sudiar juga mengatakan, potensi ini yang menjadi perhatian khusus Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur untuk dijaga dan dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata alam laut.

Selain itu, wisata alam laut seperti great barrier reef yang ada di Australia belum ada, maka dengan alasan ini barrier reef kulisusu ini menjadi potensi yang sangat luar biasa untuk dikelola dan di kembangkan.

"Potensi pada barrier tersebut inilah, sehingga memiliki keindahan hamparan karang yang berwarna warni yang berbeda dengan daerah lain serta tofografi bawah lautnya yang menarik untuk dinikmati para pencinta selam di dunia," kata dia.

Sementara itu, salah satu penyelam, Deden, berpesan kepada masyarakat Butur untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang di wilayah laut Butur.

"Tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi lokomotif destinasi wisata menyelam khususnya di pulau Buton," katanya, Senin (16/8/2021). (B)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga