Wagub: ASN Harus Netral di Pilkada

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 26 Juni 2020
0 dilihat
Wagub: ASN Harus Netral di Pilkada
Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Kalau sudah di TPS, itu terserah individu masing-masing mau coblos calon mana, yang penting jangan terlibat politik praktis. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas mengimbau seluruh ASN untuk tidak terlibat politik praktis pada Pilkada di 7 kabupaten di Sultra.

Lukman Abunawas menegaskan, dirinya telah menyiapkan sanksi bagi mereka (ASN) yang tidak netral di Pilkada nanti.

“Jika ada ASN yang diketahui terlibat secara langsung, akan mendapatkan teguran dari Bawaslu dan sanksi berat bagi ASN yang terlibat mendukung kandidat tertentu,” kata mantan Sekda Provinsi Sultra itu.

Lukman Abunawas mengimbau kepada seluruh ASN untuk tidak terlibat secara langsung baik kampanye maupun hal apa saja menyangkut calon kepala daerah.

“Kalau sudah di TPS, itu terserah individu masing-masing mau coblos calon mana, yang penting jangan terlibat politik praktis" kata Lukman, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Pendemo Lepas Mobil KPU yang Disandera

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara mengingatkan secara tegas, agar ASN selalu berhati-hati, sebab yang pantau bukan hanya Bawaslu, tapi juga masyarakat.

"Bisa saja masyarakat foto ASN yang diduga terlibat politik, lalu dikirim untuk barang bukti. Apalagi sekarang ada media sosial,” tambahnya.

Lukman Abunawas menyebutkan, ada tujuh daerah di Sultra yang akan melaksanakan Pilkada. Daerah tersebut adalah Kabupaten Buton Utara, Muna, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur dan Wakatobi.

"Saya mengimbau kepada daerah-daerah yang melaksanakan Pilkada harus mematuhi seluruh protokol kesehatan, sesuai yang ditentukan oleh pemerintah," pungkasnya.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga