Wanita Ini Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan Alami Cryptic Pregnancy, Apa Itu?

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 20 Juli 2020
0 dilihat
Wanita Ini Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan Alami Cryptic Pregnancy, Apa Itu?
Wanita bernama Heni yang tinggal di Tasikmalaya itu kemarin, Sabtu (18/7/2020) melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Lingga Cipta Radeva. Foto: Repro Google.com

" Dengan unggahannya, Taofik mengatakan, Heni hanya melalui proses kehamilan 1 jam saja, tidak 9 bulan seperti wanita hamil pada umumnya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Perempuan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat bernama Heni (28), melahirkan bayi laki-laki yang hanya hamil selama 1 jam.

Peristiwa itu pun direkam secara Live Facebook oleh akun bernama @Taofik Romdoni.

Dengan unggahannya, Taofik mengatakan, Heni hanya melalui proses kehamilan 1 jam saja, tidak 9 bulan seperti wanita hamil pada umumnya.

Bahkan, Heni melahirkan bayi laki-lakinya dalam kondisi haid atau menstruasi. Heni mengaku tak pernah merasakan apapun sebelum persalinan anaknya.

Perempuan itu bahkan selalu menstruasi setiap bulannya. Sampai akhirnya, peristiwa langka ini terjadi mendadak pada Sabtu (19/7/2020) sekitar pukul 21.30 WIB.

Kehamilan singkat dan dadakan ini memang bukan hal baru dalam dunia medis. Kehamilan dan persalinan yang dialami Heni biasa disebut Cryptic Pregnancy atau kehamilan kriptik.

Baca juga: Tenaga Kerja Lokal Tewas Terlindas Truck di PT VDNI

Dikutip Healthline, beberapa literatur yang menunjukkan penyebab Cryptic Pregnancy antara lain:

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) yaitu kondisi ini dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon dan membuat menstruasi bisa menjadi tidak teratur.

Penggunaan alat kontrasepsi. Bagi perempuan yang menggunakan pil KB dan IUD biasanya yakin kehamilan tidak mungkin terjadi. Namun, metode kontrasepsi ini tidak menjamin tingkat keberhasilan 100 persen dan dapat mengakibatkan kehamilan.

Perimenopause adalah suatu kondisi di mana tubuh wanita menunjukkan gejala Menopause, seperti kenaikan berat badan dan fluktuasi hormon. Ketika wanita gagal membedakan kehamilan karena gejala Perimenopause, itu bisa menjadi Cryptic Pregnancy.

Lemak tubuh rendah atau aktivitas atletik dapat menyebabkan menstruasi menghilang selama berbulan-bulan. Wanita yang berpartisipasi dalam olahraga intensitas tinggi mungkin juga memiliki kadar hormon tertentu yang rendah, sehingga lebih sulit untuk mendeteksi kehamilan.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga