Warga Muhammadiyah di Kendari Tunaikan Salat Idul Adha Hari Ini, Sempat Diguyur Hujan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
Warga Muhammadiyah di Kendari Tunaikan Salat Idul Adha Hari Ini, Sempat Diguyur Hujan
Warga Muhammadiyah di Kota Kendari Kendari melaksanakan salat Idul Adha di halaman Universitas Muhammadiyah Kendari, Sabtu (9/7/2022). Foto: Ist

" Ratusan warga Muhammadiyah di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan salat Idul Adha 1443 hijriyah yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan warga Muhammadiyah di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan salat Idul Adha 1443 hijriyah yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, Sabtu (9/7/2022) hari ini.

Pelaksanaan salat Ied itu dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam UM Kendari, Yusuf S.Pd.I, M.Pd.I berjalan dengan khusyuk walaupun sempat diguyur rintik hujan.

"Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, meskipun kita ada kendala sedikit yakni membludaknya jemaah sempat rintik hujan. Kelas dan ruangan UMK juga dipakai untuk pelaksanaan salat," ungkap Yusuf.

"Rupanya pantauan kami itu bukan saja Muhammadiyah yang melaksanakan salat Ied tadi tapi ada juga masyarakat atau jemaah yang memiliki keyakinan yang sama apalagi melihat Arab Saudi yang sudah melaksanakan wukuf di arafah artinya kalau sudah wukuf besoknya pasti hari raya," tambahnya.

Yusuf juga menjelaskan perbedaan pelaksanaan salat Ied antara pemerintah dan Muhammadiyah tidak menjadi persoalan.

"Hal ini sudah sering terjadi, jadi perbedaan itu terjadi karena metodologi penetapan Idul Adha. Jadi ada metode hisab dan rukyat. Baik itu pemerintah dan Muhammadiyah sebenarnya dari segi perhitungan bulan tidak ada perbedaan, yang berbeda itu ketika posisi bulan kalau Muhammadiyah meskipun belum nampak 4 derajat kita sudah nyatakan bulan baru sudah terbit," tuturnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: Dibutuhkan Tenaga Administrasi di PT JACCS MPM Finance

Sementara itu, Angkatan Muda Muhammadiyah, Muhammad Ivansyah yang mengikuti salat Ied mengungkapkan tak merasa terganggu dengan perbedaan antara dirinya dan lainnya.

"Kita tetap jalankan itu sesuai keyakinan. Perbedaan hanya soal metodologi," kata Ivansyah yang juga Alumni IAIN Kendari.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia telah menetapkan Idul Adha tahun 2022 jatuh pada Minggu 10 Juli. Meskipun begitu, ada sebagai masyarakat khususnya di Kota Kendari yang bakal melaksanakan salat Idul Adha pada Sabtu 9 Juli.

Setidaknya sudah ada 13 titik yang bakal dijadikan tempat pelaksanaan salat Idul Adha, salah satunya di halaman kampus UM Kendari.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga di Kota Kendari Terendam Banjir bak Danau Buatan

Berikut 13 lokasi di Kota Kendari yang bakal melaksanakan salat Idul Adha di tanggal 9 Juli 2022:

  1. Halaman kampus UM Kendari Jln. KH Ahmad Dahlan Wuawua Kendari
  2. Mesjid pesantren Ummushabri Jl. Jend Ahmad Yani Kendari
  3. Mesjid Almuminin Benu-benua
  4. Masjid Al Fatih Puuwatu
  5. Insantama  Kendari Kecamatan Kambu
  6. Mesjid Nurul Yaqin Abeli
  7. Masjid Akbar belakang SMP 5 Kendari
  8. Pondok Pesantren Al-Ihsan Baron Kendari Mandonga
  9. Masjid Miftahul Khair Kelurahan Anggoeya
  10. Masjid Nurul Huda Balaikota 1
  11. Ponpes Darul Faqih
  12. Masjid Nurul Jamaah Kessilampe
  13. Nurul Jannah Lahundape. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga