Waspada, Ini 6 Gejala Awal Penyakit TBC

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 25 Maret 2024
0 dilihat
Waspada, Ini 6 Gejala Awal Penyakit TBC
Penyakit TBC menjadi salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang. Foto: Repro halodoc.com

" Penyakit TBC dapat menyerang siapa saja dan organ tubuh yang diserang biasanya adalah paru-paru, tulang belakang, kulit, otak, kelenjar getah bening, dan jantung "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang sebagian orang alami adalah deteksi gejala tuberkulosis atau TBC. Maka penting mengetahui gejala awal penyakit ini agar bisa lebih menjaga diri.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, tuberkulosis yang sering disingkat TB atau TBC, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan organ tubuh yang diserang biasanya adalah paru-paru, tulang belakang, kulit, otak, kelenjar getah bening, dan jantung.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja gejala yang dialami seseorang yang mengidap penyakit TBC ini.

Melansir klikdokter.com, berikut beberapa gejala yang menandakan seseorang mengalami penyakit TBC:

1. Batuk Darah

Batuk darah memang bisa menjadi gejala dari banyak gangguan kesehatan. Misalnya luka pada rongga mulut (di gigi atau gusi), adanya luka lecet di saluran pernapasan, infeksi paru-paru, hingga tumor paru-paru. Selain itu, batuk darah juga bisa pertanda infeksi TBC.

Baca Juga: Simak Cara Gampang Awet Muda dari Dokter Zaidul Akbar

Perdarahan saluran napas pada infeksi TBC terjadi karena bakteri menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah pada paru-paru penderitanya. Bila sampai terjadi perdarahan berat, kondisi ini bisa mengancam nyawa.

2. Nyeri Dada 

Penderita TB terkadang dapat merasakan sakit pada dadanya akibat infeksi dari kuman TB itu sendiri yang menimbulkan jaringan pada paru-paru sehingga merasakan sesak dan sakit di dada.

Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada bisa menjadi gejala TBC, terutama saat batuk atau bernafas dalam-dalam.

3. Batuk Berdahak

Bila mengalami keluhan batuk-batuk yang tak kunjung sembuh dalam tiga minggu, kemungkinan infeksi TBC perlu diwaspadai. Sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Jika memang kamu dicurigai terkena TBC, dokter akan melakukan pemeriksaan dahak untuk melihat ada atau tidaknya bakteri TBC di dalamnya.

4. Berat Badan Menyusut

Walaupun bukan gejala spesifik, tapi umumnya penderita TBC mengalami penurunan berat badan. Ini diakibatkan oleh interaksi yang kompleks antara tubuh dengan organisme penyebab infeksi.

Selain itu, penderita TBC juga umumnya mengalami penurunan nafsu makan, sehingga bisa terjadi gangguan penyerapan nutrisi makanan di usus. Kondisi ini turut berkontribusi pada bobot tubuh yang menyusut.

5. Sesak Napas

Sesak napas juga dapat menjadi pertanda beberapa penyakit, mulai dari penyakit jantung sampai paru-paru.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Sedekah Secara Emosional dan Psikologis

Pada kasus TBC, gejala sesak napas dialami akibat peradangan pada jaringan paru, sehingga pertukaran udara menjadi lebih sulit dilakukan.

Selain itu, infeksi TBC juga dapat menyebabkan adanya cairan pada rongga pleura (selaput paru), yang membuat paru-paru jadi lebih sulit berkembang. Bahkan, pada keadaan sesak napas yang berat, pernapasan bantuan dengan ventilator diperlukan untuk membantu pasien bernapas.

6. Keringat pada Malam Hari

Beberapa infeksi bisa bikin seseorang berkeringat secara berlebihan pada malam hari. Salah satu penyebab tersering adalah tuberkulosis.

Selain itu berkeringat pada malam hari, penderita TBC juga akan mengalami keluhan demam yang tak diketahui penyebabnya. Biasanya demam tidak terlalu tinggi, dengan suhu di bawah 38 derajat Celcius.

Nah, itulah beberapa gejala yang seringkali dialami seseorang yang mengidap penyakit TBC. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga