Wujudkan ASN Profesional, 79 CPNS Berbagai Daerah Ikut Latihan Dasar di Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Wujudkan ASN Profesional, 79 CPNS Berbagai Daerah Ikut Latihan Dasar di Kota Kendari
Pelatihan dasar CPNS golongan II angkatan 43 dan 44 itu diharapkan bisa menghasilkan ASN yang berintegritas, profesional dan netral. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sebanyak 79 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II angkatan 43 dan 44 lingkup pemerintah kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara mengikuti latihan dasar, bertempat di Hotel Kubra Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 79 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II angkatan 43 dan 44 lingkup pemerintah kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara mengikuti latihan dasar, bertempat di Hotel Kubra Kota Kendari, Senin (7/8/2023).

Peserta tersebut terdiri dari 37 orang asal Pemda Konawe Utara, sebanyak 37 dari Pemda Muna, 3 orang dari Pemda Muna Barat dan 2 orang dari Pemda Kolaka Utara.

Pelatihan dasar CPNS tersebut akan berlangsung selama 51 hari kerja, 21 hari pembelajaran klasikal dan 30 hari kerja pembelajaran non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Baca Juga: 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkot Dilantik

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Tenggara, Syahruddin Nurdin mengatakan, CPNS ini wajib diikuti sehingga peserta untuk menjadi ASN yang profesional sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Tahapan selanjutnya yang akan dilalui peserta setelah pelatihan CPNS akan mendapatkan sertifikat dan sudah bisa mengurus status ASN-nya, dari saat ini masih 80 persen dan nantinya sudah bisa mengusul menjadi ASN 100 persen.

Ia menambahkan, kegiatan itu diharapkan merupakan wadah bagi ASN berintegritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Tekankan Rehabilitasi pada Perusahaan Tambang

Terutama dalam menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat, dan menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh semua peserta. Sementara itu, seorang peserta, Krisna Dewi mengaku, sangat menunggu latsar ini agar bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal di daerah penempatannya di Dinas Perhubungan Kabupaten Muna.

"Ini memang pelatihan yang sangat saya tunggu-tunggu, karena kemarin sempat ada kendala, semoga bisa lebih baik lagi," ujar wanita asal Provinsi Bali ini. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga