Yusmin Didapuk Pimpin MW KAHMI Sultra Hingga 5 Tahun Mendatang

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Senin, 05 September 2022
0 dilihat
Yusmin Didapuk Pimpin MW KAHMI Sultra Hingga 5 Tahun Mendatang
Yusmin terpilih sebagai Ketua MW KAHMI Sultra periode 2022-2027. Foto: Ist.

" Yusmin akhirnya terpilih sebagai Ketua Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Sulawesi Trnggara (Sultra) periode 2022-2027 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Yusmin akhirnya terpilih sebagai Ketua Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Sulawesi Trnggara (Sultra) periode 2022-2027 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari.

Pada agenda pembahasan kriteria calon Muswil KAHMI Sultra dan pembahasan mekanisme pemilihan calon Ketua MW KAHMI, terlihat sedikit memanas sehingga untuk mengendalikan situasi itu pimpinan sidang terpaksa menskorsing waktu jalannya sidang.

Sempat diskorsing dalam perdebatan pembahasan presidium dan presidensial, akhirnya Yusmin yang merupakan Kabag Kesra Pemprov Sultra ini terpilih usai menjadi satu-satunya calon tunggal pada Musyawarah Wilayah (Muswil) VI KAHMI Sultra, Senin (5/9/2022).

Yusmin nyatakan komitmennya untuk menjaga eksistensi KAHMI di Sultra dan kemajuan organisasi KAHMI. Ia juga menegaskan, jika ada pihak-pihak yang mempertanyakan proses kaderisasinya di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), ia mengaku dirinya adalah hijau hitam.

"Jangan pernah pertanyakan ke-HMI-an saya. Saya adalah generasi hijau hitam. Jangan pernah ragukan itu, karena saya telah berproses di HMI," tegasnya.

Baca Juga: DPRD Diberi Waktu Hingga 16 September Usul Pj Wali Kota Kendari

Melalui kesempatan itu, Yusmin juga memastikan KAHMI akan mendapatkan dana hibah dari Pemprov Sultra pada perubahan anggaran tahun 2022 ini.

"Saya bisa pastikan, bahwa KAHMI akan mendapatkan danah hibah di perubahan 2022 ini senilai Rp 500 juta," katanya.

Sementara menurut Ketua Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Buton, La Ode Syamsuddin, mekanisme yang dilakukan dalam Muswil KAHMI sudah sesuai mekanisme AD/ART.

"Sesuai pasal 17 ayat 1 dan ayat 2 majelis wilayah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi itu diberi ruang memilih salah satu opsi, yaitu opsi pertama itu sistem presidensial dan yang kedua itu sistem presidium," ujarnya.

Ia mengatakan pada Muswil KAHMI yang dilaksanakan, majelis daerah mengusulkan untuk memilih opsi sistem presidensial.

"Kita sepakati masing-masing majelis daerah yang hadir mengajukan nama calon, kemudian hampir semua majelis daerah yang hadir mengusulkan satu nama yaitu saudara Yusmin, lalu memutuskan dan menetapkan saudara Yusmin sebagai Ketum Majelis Wilayah KAHMI Sultra periode 2022-2027," ucapnya.

Baca Juga: Truk Kontainer Disandera Pendemo di Kendari

Lebih lanjut, ia berharap dengan terpilihnya Yusmin sebagai kader muda untuk menyusun program dan mendistribusikan kader-kader KAHMI Sultra untuk kemajuan organisasi.

"Sebagai kader muda di KAHMI, KAHMI akan lebih progresif kedepannya termasuk melayani kebutuhan kader-kader HMI dalam rangka mengesekusi setiap program kegiatan yang dilaksanakan, baik di tingkat wilayah maupun daerah," imbuhnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Muswil KAHMI Sultra, dimulai dari Pra Muswil, Muswil Forhati Sultra hingga Muswil KAHMI Sultra.

Selain itu pada Muswil kali ini merekomendasikan perubahan sistem kepengurusan untuk periode 2022-2027, yang sebenarnya presidium menjadi presidensial. (B)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga