Tak Dijangkau Truk Sampah, Ormawa UHO Siapkan Tempat Sampah di Benua Nirae

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Kamis, 23 Desember 2021
0 dilihat
Tak Dijangkau Truk Sampah, Ormawa UHO Siapkan Tempat Sampah di Benua Nirae
Organisasi Mahasiswa (Ormawa) BEM Vokasi UHO bantu ketersediaan tempat sampah di Kelurahan Benua Nirae. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Ormawa BEM Vokasi UHO membantu menyiapkan tempat sampah di Kelurahan Benua Nirae lantaran tidak dijangkau oleh truk sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Organisasi Mahasiswa (Ormawa) BEM Vokasi UHO membantu menyiapkan tempat sampah di Kecamatan Abeli, Kota Kendari, khususnya di Kelurahan Benua Nirae lantaran tidak dijangkau oleh truk sampah DLHK Kendari.

Wakil Ketua BEM Vokasi UHO, I Made Yuda mengatakan, setelah melakukan cek lokasi di beberapa wilayah di Kota Kendari, Kelurahan Benua Nirae menjadi tempat yang dipilih untuk dilaksanakannya pengabdian masyarakat.

"Di Kecamatan Benua Nirae ternyata kami temukan hal yang cukup urgent, yaitu truk sampah yang tidak sampai masuk ke sini, jadi sampah-sampah yang dibuang akan berserakan kembali, biasanya karena dibawa sama hewan liar, seperti anjing," katanya, Selasa (22/12/2021).

Di tempat yang sama, Lurah Benua Nirae, Suhrin Eddwar membenarkan bahwa truk sampah DLHK Kendari tak menjangkau kelurahannya.

Baca Juga: Komisi II DPRD Minta Pemkot Kendari Bijak Menangani Pasar Mokoau

"Iya betul, truk sampah tak sampai masuk ke sini setiap hari, tapi alhamdulillah pemerintah kota sudah beri bantuan berupa motor pengangkut sampah, ditambah lagi sekarang adik-adik mahasiswa bantu sediakan tempat sampah," ucap Suhrin Eddwar di ruangannya.

Sebanyak 10 tempat sampah akan diletakkan di beberapa titik lokasi yang menjadi pusat berserakannya sampah, seperti di sekitar masjid dan beberapa tempat umum lainnya.

Sementara itu, anggota BEM Vokasi UHO sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana, Suratman menuturkan, sebelum pendistribusian tempat sampah dilakukan, masyarakat terlebih dahulu diberi edukasi terkait isu lingkungan.

Baca Juga: Audensi di DPRD Sultra, Forum Tokoh Peduli Umat Ungkap Bahaya Permendikbudristek No. 30 Tahun 2021

"Kami beri edukasi terlebih dahulu terkait isu lingkungan yang materinya dibawakan oleh WALHI Sulawesi Tenggara," tuturnya.

Ia berharap, kegiatan yang dilakukan oleh BEM Vokasi UHO dapat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Benua Nirae.

"Kami juga berharap, setelah kegiatan ini pihak WALHI bisa bantu komunikasi dengan DLHK Kota Kendari," pungkasnya. (A)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga