14 Perusahaan Ikut Partisipasi dalam Job Fair UHO Kendari

Nur Fauzia

Reporter

Selasa, 30 Juli 2024  /  2:44 pm

Perwakilan 14 perusahaan partisipan dalam Job Fair yang diselesaikan oleh UHO Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - 14 perusahaan yang ada di Sulawesi Tenggara ikut berpartisipasi dalam Job Fair yang diselenggarakan oleh Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Perusahaan tersebut terdiri dari Kendari Pos, PT Mineral Alam Abadi Group, PT Swapro International, PT Olam Indonesia, PT Indomaret Prismatama, JNE Express, PT BFI Finance Indonesia, PT Esta Dana Ventura, PT Multi Surveyor Indonesia, Carsurin 1968, Bank BTPN, CV Anugerah Bakti Sentosa, Mutual + Kendari, dan PT Obsidian Stainless Steel.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UHO, Nur Arafah menyampaikan, Job Fair merupakan kegiatan rutin tahunan dan di tahun ini merupakan pra kondisi sebagai tuan rumah kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang akan digelar Oktober mendatang.

Arafah menambahkan, Job Fair ini diadakan untuk menggalang antusias para alumni bahwa informasi lapangan kerja ada dimana-mana tergantung kepedulian masing-masing dalam mencari informasi. Ini merupakan terobosan yang dilakukan UHO untuk mendekatkan para alumninya dengan dunia kerja.

"Kita memfasilitasi, kalau mereka mencari sendiri boleh jadi sulit atau jauh atau mereka tidak punya akses, kalau begini kita yang mencarikan akses kemudian mereka bisa berhubungan langsung sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada di perusahaan-perusahaan," jelasnya, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: 24 Perusahaan Siapkan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Lippo Plaza Kendari

Saat ini pihak UHO sedang mendorong perusahaan yang bermitra dengan UHO agar proposit tenaga kerja sebanyak 50 persen dari alumni UHO.

Sementara itu, Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) UHO Kendari, Sarinah, menyampaikan bahwa ini merupakan kali kedua UHO menggelar Job Fair. Perusahaan yang turut serta di Job Fair tahun ini juga lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Kata dia, Job Fair ini akan digelar selama dua hari dan sebanyak seribu orang lebih mendaftarkan diri pada link yang telah disediakan oleh PK2M yang terdiri dari alumni UHO dan masyarakat umum. Dari 14 perusahaan yang ada, terdapat 499 lowongan tersedia.

Sarinah berharap banyak alumni UHO dapat terserap pada Job Fair kali ini mengingat hal tersebut merupakan tujuan diadakannya Job Fair. Selain itu, Job Fair yang digelar merupakan langkah agar para alumni dan dunia kerja dapat terhubung.

Baca Juga: Job Fair di Lippo Plaza Kendari, PT Swapro Buka Lowongan Kerja, Ini Kualifikasinya

Sarinah menjelaskan, tahap yang dilakukan oleh PK2M untuk menarik perusahaan-perusahaan agar mau bekerja sama dalam Job Fair di UHO, pertama pihaknya mengirimkan email kepada perusahaan-perusahaan yang ingin bermitra, selain itu pihaknya juga membagikan informasi kegiatan serta proposal agar perusahaan tertarik.

"Saya ingin menyampaikan kepada alumni yang melamar agar peluang ini dimanfaatkan betul dan saya kira untuk bisa mereka terpilih itu kembali kepada mereka sendiri apakah kualitas mereka sesuai yang dibutuhkan oleh  perusahaan-perusahaan yang hari ini terlibat dalam Job Fai,r" tutupnya.

Sukmawati, yang merupakan alumni UHO tahun 2024 menyampaikan bahwa dengan adanya Job Fair ini, dia sangat terbantu karena lebih gampang mendapatkan informasi lowongan kerja dan ia berharap dapat diterima kerja pada perusahaan yang dilamarnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS