2 Posisi Tidur Terbaik Saat Batuk

Fitrah Nugraha

Reporter

Senin, 21 November 2022  /  9:36 pm

Batuk dapat diatasi dengan banyak cara, salah satunya dengan memperbaiki posisi tidur. Foto: Repro merdeka.com

KENDARI, TELISIK.ID - Batuk menjadi penyakit yang seringkali dialami setiap orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan posisi tidur.

Dikutip dari halodoc.com, batuk merupakan tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk.

Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu. Namun untuk mengatasi batuk ini dapat dilakukan dengan memperbaiki posisi saat hendak tidur.

Baca Juga: Mau Rambut Tumbuh Cepat? Ini 3 Caranya

Melansir cnnindonesia.com, berikut ini rekomendasi posisinya yang efektif mengurangi batuk dan gejala lainnya, sehingga bisa tetap terlelap sepanjang malam:

1. Tidur miring ke kiri

Bagi Anda penderita maag dan kesulitan tidur karena mengalami batuk tersedak, disarankan untuk mengambil posisi tidur miring menghadap ke kiri.

Selain mengurangi refluks asam, tidur miring ke kiri bermanfaat menghindari tersedak yang menyebabkan batuk karena cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan dan laring.

2. Tidur dengan posisi bantal tinggi

Tidur seperti setengah duduk dengan menggunakan beberapa bantal sebagai penopang kepala dinilai menjadi posisi terbaik saat sedang batuk.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh dapat mencegah bahkan mengurangi keparahan batuk.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengobati Kepribadian Ganda, Kamu Wajib Tahu

Sebaliknya, tidur posisi telentang dengan posisi kepala dan tubuh yang sejajar justru dapat memperparah batuk, mengutip laman Sleep Foundation.

Apabila belum terbiasa, posisi ini memang bisa saja membuat tidak nyaman. Tapi, Anda dapat mengurangi jumlah bantal tersebut setelah batuknya dirasa mulai berkurang.

Nah, itulah cara tidur terbaik yang bisa kita lakukan ketika sedang batuk. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS