adplus-dvertising

5 Cara Jitu Mengobati Kepribadian Ganda, Kamu Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 19 November 2022
456 dilihat
5 Cara Jitu Mengobati Kepribadian Ganda, Kamu Wajib Tahu
Kepribadian ganda harus diatasi sebab bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan. Foto: Repro simental.id

" Salah satu kondisi kepribadian yang seringkali dialami seseorang adalah kepribadian ganda. Meski terbilang wajar, tapi kita harus bisa mengatasi kepribadian ganda ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi kepribadian yang seringkali dialami seseorang adalah kepribadian ganda. Meski terbilang wajar, tapi kita harus bisa mengatasi kepribadian ganda ini.

Dikuti dari halodoc.com, kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif merupakan suatu kondisi kesehatan mental, ketika seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Pengidap gangguan ini mengalami kepribadian yang berubah-ubah, tetapi hal ini tidak disadarinya. Parahnya, kondisi ini seringkali memberikan dampak negatif bagi seseorang yang menderita kepribadian ganda ini.


Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kepribadian ganda.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengurangi Rasa Trauma di Masa Lalu

Melansir suara.com dari laman Alodoc, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kepribadian ganda:

1. Terapi

Psikoterapi adalah cara paling efektif untuk mengatasi gangguan kepribadian ganda. Salah satu hal yang sulit dilakukan mungkin adalah bagaimana Anda menyadari bahwa Anda membutuhkannya.

Ajaklah teman terdekat Anda atau coba konsultasi secara online terlebih dahulu untuk mengatasinya.

Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa melengkapi psikoterapi dengan hipnoterapi. Ini akan memulihkan ingatan yang tertekan dan mengistirahatkan beberapa kepribadian Anda.

2. Menata hidup Anda

Gangguan kepribadian ganda kerap membuat Anda kewalahan karena Anda sulit fokus akan suatu hal. Oleh karena itu, cobalah untuk mengorganisir berbagai hal yang akan Anda lakukan.

Langkah awal dapat Anda lakukan dengan merencanakan aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan selama seharian.Contohnya, kapan akan pergi berobat, minum obat, atau menelepon seseorang.

3. Ketahui pemicu Anda

Cara mengobati kepribadian ganda selanjutnya adalah dengan mengetahui pemicunya. Biasanya akan ada satu hal yang membuat Anda beralih dari satu kepribadian ke kepribadian lainnya. Pemicu bisa berupa tindakan negatif atau positif.

Dengan mengetahui pemicu tersebut, Anda bisa mencoba menghindarinya sehingga kepribadian ganda bisa terhindarkan.

4. Bersikap lebih santai

Hidup dengan masalah kesehatan mental akan terasa melelahkan. Jadi, jangan ragu untuk memberikan waktu istirahat lebih untuk diri Anda. Berikut beberapa kegiatan yang bisa membantu Anda lebih rileks.

- Mendengarkan musik.

- Bermain denagn teman.

- Menggambar.

- Membaca.

- Cintai diri sendiri.

Kepribadian ganda diderita oleh jutaan orang di dunia. Jadi, jangan merasa malu jika Anda memilikinya.

Baca Juga: Tips Sederhana Atasi Lengan Berlemak

Sebaliknya, berilah cinta yang lebih pada diri Anda sendiri. Menyayangi diri sendiri akan membantu Anda mengatasi stres, cemas, hingga depresi.

Dengan cara ini, Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya tanpa menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang bukan salah Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan kepribadian, khususnya pada kepribadian ganda.

Namun meski ada beberapa cara di atas yang bisa kita lakukan sendiri, jelas jauh lebih baik untuk selalu berkonsultasi pada dokter terkait masalah gangguan kepribadian. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga