Tips Simpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Tips Simpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tahan Lama
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tahan lama. Foto: Repro Allofresh.id

" Menyimpan ikan dengan benar dalam kulkas dapat membuatnya lebih tahan lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Anda menyimpan ikan di kulkas, ternyata tidak bisa sembarangan. Menyimpan ikan dengan benar dalam kulkas dapat membuatnya lebih tahan lama. Anda dapat menyimpan ikan dalam kondisi masih segar.

Namun jika ingin ikan tak hanya tahan lama tetapi juga memiliki rasa yang enak, Anda bisa menyimpan ikan dalam keadaan sudah dibumbui karena akan meresap ketika dimasak.

Berikut tips simpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tahan lama seperti dilansir dari Liputan6.com dan Allofresh.id:

1. Pilih ikan berkualitas

Memilih ikan dengan kualitas terbaik saat membelinya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan ketahanan ikan saat disimpan nantinya. Anda bisa memilih ikan yang masih segar, kenyal dan matanya masih bening. Ikan yang berkualitas baik akan tetap segar dan tahan lama saat disimpan di kulkas.

Baca Juga: Cara Simpan Kentang Agar Tahan Lama

2. Bersihkan ikan

Membersihkan ikan sebelum disimpan merupakan salah satu cara menyimpan ikan di kulkas yang sangat penting. Bersihkan bagian insangnya dan buang bagian perutnya. Cuci bersih ikan agar bisa tetap segar dan tahan lama saat disimpan. Selain itu, jika tak ingin ikan berbau terlalu amis, Anda bisa memberi perasan jeruk nipis ke tubuh ikan.

3. Simpan ikan di wadah tertutup atau kedap udara

Setelah dibersihkan dan dibumbui, simpan ikan pada wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Ikan bisa disimpan di dalam food container, kotak makan ataupun wadah plastik lainnya.

Baca Juga: Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Penyimpanan ikan pada wadah kedap udara bertujuan agar kualitas dan rasa ikan tetap terjaga serta tidak terkontaminasi dengan bau makanan lainnya di dalam kulkas. 

4. Simpan dalam freezer

Tips terakhir cara menyimpan ikan di kulkas yaitu dengan menyimpan ikan di dalam freezer. Namun, sebelum disimpan di dalam freezer, terlebih dahulu Anda dapat memotong dan menyimpan ikan di beberapa wadah yang berbeda.

Tujuannya adalah agar lebih praktis dan lebih higienis ketika nantinya akan memasak ikan tersebut. Menyimpan ikan di dalam freezer juga membuat ikan tahan lebih lama bahkan sampai berbulan-bulan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga