9 Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 29 Juli 2024  /  11:39 am

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kondisi kesuburan wanita, memengaruhi peluang pasangan suami istri dalam merencanakan program hamil. Foto: Repro bukalapak.co.id

JAKARTA, TELISIK.ID - Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil penting untuk diketahui, khususnya bila sedang berencana untuk memiliki momongan. Ciri-ciri ini juga menandakan bahwa organ reproduksi dalam keadaan sehat, sehingga lebih berpeluang hamil.

Banyak orang yang mengira bahwa ciri-ciri wanita subur dilihat dari bentuk tubuh. Misalnya, wanita yang memiliki tubuh dengan panggul yang lebar dan payudara besar dianggap lebih subur daripada yang sebaliknya.

Padahal, mitos ini tidak benar. Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil bukan dilihat dari bentuk tubuh, tetapi dilihat dari siklus menstruasi dan gaya hidup.

1. Siklus Haid Lancar

Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil yang mudah dikenali adalah siklus haid lancar. Meski bisa berbeda-beda pada setiap wanita, haid normalnya terjadi setiap 21–35 hari sekali.

Jika siklus haid lancar, tandanya hormon-hormon reproduksi dalam tubuh berfungsi dengan baik dan pelepasan sel telur terjadi setiap bulannya, seperti dilansir dari alodokter.com, Minggu (28/7/2024).

2. Ovulasi Datang Setiap Bulan

Ovulasi adalah terjadinya pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur (ovarium) ke tuba falopi untuk dibuahi oleh sel sperma. Proses ovulasi umumnya terjadi pada hari ke-14 dari siklus haid yang normal.

Baca Juga: Manfaat Pir Buat Ibu Hamil yang Pernah Diketahui

Biasanya, wanita yang sedang ovulasi akan mengalami tanda-tanda seperti meningkatnya gairah seksual, payudara terasa nyeri dan berat, suhu basal tubuh meningkat, dan keluar keputihan seperti putih telur mentah.

3. Mengalami Keputihan yang Normal

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan yang normal justru merupakan salah satu ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil. Normalnya, keputihan yang terjadi di luar masa subur berupa gumpalan lengket berwarna putih dan hanya keluar sedikit.

Makin mendekati waktu ovulasi, keputihan yang keluar bisa berupa cairan kental bening yang mirip dengan putih telur mentah.

4. Memiliki Gairah Seksual yang Normal

Salah satu ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil adalah punya gairah seksual yang normal. Gairah seks akan membuat penetrasi seksual jadi nyaman dan tidak terasa sakit, yang mempermudah proses pembuahan. Sebaliknya, masalah seksual seperti dispareunia atau rendahnya libido dapat mempengaruhi kesuburan.

5. Memperoleh Asupan Nutrisi yang Cukup

Tubuh wanita yang subur dan gampang hamil umumnya juga berkat asupan nutrisi yang cukup. Wanita yang rutin menjalani pola makan sehat dan banyak mengonsumsi makanan bergizi biasanya akan lebih subur. Asupan gizi yang cukup, seperti zat besi, protein, asam folat, serta aneka vitamin dan mineral, berperan penting dalam menentukan kualitas dan jumlah sel telur.

6. Berat Badan Ideal

Berat badan ideal seseorang bisa berbeda dari yang lain. Berat badan ideal yang merupakan ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil adalah berat badan yang masih masuk dalam batas ambang indeks massa tubuh (IMT), yakni kisaran 18,5–25.

Berat badan ideal sesuai IMT bisa mempertahankan siklus haid dan ovulasi yang normal sehingga kesuburan terjaga, bersumber dari idntimes.com.

7. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan kebiasaan tidak sehat yang bisa membuat seorang wanita sulit untuk hamil. Kandungan dalam rokok bisa merusak sel telur dan menghambat ovulasi.

Baca Juga: Manfaat Prenatal Yoga Ibu Hamil bersama Suami

Penelitian menyebutkan, terlalu sering mengonsumsi minuman keras bisa menurunkan tingkat kesuburan.

8. Sehat Secara Umum

Kesehatan secara umum, termasuk fisik dan mental, sangat mempengaruhi kesuburan. Kondisi seperti endometriosis, PCOS, fibroid, dan hipotiroidisme dapat berdampak negatif pada kesuburan. Kesehatan mental yang baik juga penting karena depresi dan stres dapat membuat kehamilan lebih sulit.

9. Tidak Pernah Mengalami Infeksi Panggul

Infeksi panggul berisiko membuat kehamilan lebih sulit. Meskipun seorang wanita mengalami menstruasi yang teratur, infeksi panggul dapat mempengaruhi kesuburan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan reproduksi sangat penting untuk meningkatkan peluang hamil. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS