Manfaat Pir Buat Ibu Hamil yang Pernah Diketahui

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Senin, 29 Januari 2024
0 dilihat
Manfaat Pir Buat Ibu Hamil yang Pernah Diketahui
Buah pir memiliki kalori yang rendah dan nilai gizi tinggi yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Salah satunya adalah asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin dalam kandungan. Foto: Repro Alodokter

" Manfaat buah pir untuk ibu hamil tak hanya mampu mencukupi kebutuhan gizi saja, namun buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga memiliki kemampuan melawan infeksi di dalam tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Manfaat buah pir untuk ibu hamil tak hanya mampu mencukupi kebutuhan gizi saja, namun buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga memiliki kemampuan melawan infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, masih ada beragam manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yang perlu diketahui.

Buah pir aman untuk dimakan selama kehamilan. Buah pir memiliki kalori yang rendah dan nilai gizi tinggi yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Salah satunya adalah asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin dalam kandungan.

Baca Juga: Kulit Wajah Kering, Wajib Lakukan Ini

Dilansir dari rsiastellamaris.com buah pir mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin C, A, hingga B6 dan mineral lain dalam jumlah sedikit seperti tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, dan folat.

Selain itu, buah pir juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal bahaya radikal bebas.

Dikutip dari Alodokter.com dalam satu buah pir berukuran sedang terkandung sekitar 120 ml air dan 85–100 kalori. Selain itu, dalam satu buah pir juga terkandung aneka nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan janin, yaitu:

- 25–27 gram karbohidrat

- 6–6,5 gram serat

- 0,5–1 gram protein

- 6,5 miligram vitamin C

- 250 miligram kalium

- 5 mikrogram vitamin K

Baca Juga: Manfaat Dahsyat Mandi Air Dingin Pagi Hari

Selain itu, dikutip dari halodoc.com faktanya, buah pir benar-benar aman untuk dimakan selama kehamilan. pir kaya akan nutrisi penting seperti folat yang dibutuhkan selama kehamilan.

Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi pir selama kehamilan tidak boleh berlebihan. Sebab, asupan folat yang berlebihan dapat berdampak negatif pada perkembangan otak Si Kecil.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian 2017 silam yang dipublikasikan pada National Library of Medicine. Hasilnya, anak berusia 4 dan 5 tahun yang ibunya mengonsumsi lebih dari 1.000 mikrogram asam folat per hari saat hamil mendapat skor lebih rendah bila dibandingkan anak-anak yang ibunya mengonsumsi 499-999 mikrogram folat per hari. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga