AFC Tanggapi Permintaan Bahrain Pindahkan Venue Lawan Timnas Indonesia

Merdiyanto

Content Creator

Jumat, 18 Oktober 2024  /  8:41 pm

AFC respon permintaan Bahrain mengenai pemindahan venue saat lawan Timnas Indonesia. Foto: Repro Reuters

JAKARTA, TELISIK.ID - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya memberikan tanggapan terkait permintaan Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) untuk memindahkan venue pertandingan melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 harus digelar di tempat yang netral.

AFC secara resmi mengumumkan pernyataan tersebut melalui laman resminya pada hari Jumat (18/10/2024) WIB. Sesuai jadwal awal, pertandingan akan berlangsung pada tanggal 25 Maret 2025 di markas Timnas Indonesia.

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengetahui kekhawatiran yang disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) mengenai keselamatan dan keamanan tim nasional mereka menjelang pertandingan tandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C melawan Indonesia yang dijadwalkan pada 25 Maret 2025,” tulis pihak AFC membuka pernyataan.

AFC mengakui adanya kekhawatiran dari BFA terkait pelaksanaan pertandingan melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 25 Maret 2025.

Baca Juga: Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Usai Takluk dari China

Selain itu, AFC mengecam tindakan tidak sportif dari sebagian suporter Indonesia yang telah memberikan ancaman kepada para pemain Bahrain.

“AFC menanggapi kekhawatiran ini dengan serius dan berkomitmen penuh untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, ofisial, dan penggemar, sekaligus mengutuk segala bentuk pelecehan dan ancaman daring,” tulis pihak AFC.

AFC menyatakan akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan semua pihak yang berkepentingan, termasuk BFA dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“AFC akan membahas masalah ini lebih lanjut dengan FIFA, BFA, dan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pertandingan,” tulis AFC.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Jumat (18/10/2024), sebelumnya, melalui pernyataan resmi, Rabu, 16 Oktober 2024, BFA telah mengajukan permohonan kepada AFC dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk memindahkan lokasi pertandingan melawan Timnas Indonesia ke tempat netral.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia ke 5

Alasan utama permohonan tersebut adalah adanya ancaman yang diterima oleh para pemain timnas Bahrain dari para suporter Indonesia melalui media sosial.

Ancaman tersebut muncul sebagai akibat dari pertandingan kontroversial antara Bahrain dan Indonesia di Riffa pada tanggal 10 Oktober yang berakhir dengan skor imbang 2-2.

Meski demikian, PSSI telah memberikan jaminan keamanan kepada para pemain dan ofisial timnas Bahrain selama pelaksanaan pertandingan tandang di Indonesia.

“Kita akan buat surat ke AFC yang menyatakan supaya pertandingan fair, maka tetap di Jakarta karena sebelumnya kan tandingnya di Bahrain. Yang kedua, kita juga akan memberi tahu bahwa kita akan menjamin keamanan dan kenyamanan bagi tamu kita seperti di Bahrain,” kata anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, dalam keterangan resmi. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS