Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Usai Takluk dari China

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 16 Oktober 2024
0 dilihat
Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Usai Takluk dari China
Pemain Timnas Indonesia, Marcelino Ferdinand (kiri), berebut bola dengan pemain China dalam penyisihan Grup C Kualitas Piala Dunia 2026, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Foto: PSSI

" Kekalahan Timnas Indonesia 1-2 dari China dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin menyulitkan langkah tim asuhan Shin Tae-yong menuju putaran final. Hasil ini membuat posisi Garuda di klasemen Grup C semakin terjepit "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kekalahan Timnas Indonesia 1-2 dari China dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin menyulitkan langkah tim asuhan Shin Tae-yong menuju putaran final. Hasil ini membuat posisi Garuda di klasemen Grup C semakin terjepit.

Indonesia dihadapkan pada tantangan berat di Grup C yang sangat kompetitif. Jepang memimpin klasemen dengan 10 poin, sementara Australia, Arab Saudi, dan Bahrain mengintai di belakang dengan 5 poin.

Dikutip dari boala.com, Rabu (16/10/2024), sisa pertandingan yang harus dijalani melawan tim-tim kuat seperti Jepang dan Australia membuat peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 semakin tipis.

Namun bukan berarti harapan sudah sirna. Sisa pertandingan masih menyisakan peluang bagi Indonesia untuk bangkit dan meraih tiket ke Piala Dunia.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia ke 5

Indonesia harus finis di dua besar grup untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Namun, dengan performa yang belum stabil dan lawan-lawan kuat seperti Jepang dan Australia, target ini sulit dicapai.

Indonesia tidak hanya perlu meraih kemenangan minimal tiga kali di sisa pertandingan, tetapi juga berharap tim-tim di atasnya kehilangan poin. Lebih dari itu, Indonesia harus memperbaiki selisih gol yang saat ini masih -1, jauh tertinggal dari Jepang yang memiliki selisih gol +14.

Meskipun gagal finis di dua besar, peluang Indonesia untuk lolos ke putaran keempat masih terbuka. Namun, peluang ini sangat tergantung pada hasil pertandingan selanjutnya dan faktor keberuntungan dalam perhitungan keseluruhan, dilansir dari CNN Indonesia.com, Rabu (16/10/2024).

Agar bisa langsung lolos ke Piala Dunia 2026, Indonesia harus berjuang finis di dua besar klasemen. Namun, dengan Jepang yang kokoh di puncak dengan 10 poin, sementara Australia, Arab Saudi, dan Bahrain mengintai di belakang dengan 5 poin, persaingan menjadi sangat ketat.

Dengan kata lain, Indonesia harus berjuang keras untuk meraih setidaknya 6-8 poin tambahan dari sisa pertandingan agar peluang lolos ke putaran berikutnya tetap terbuka.

Untuk menjaga asa lolos, Indonesia harus menang minimal dua kali dari enam laga sisa, terutama saat menghadapi Bahrain dan China di kandang. Selain itu, Indonesia juga berharap tim-tim pesaing seperti Australia atau Arab Saudi terpeleset.

Jika tidak berhasil mengamankan posisi dua besar, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos ke ronde keempat dengan finis di peringkat ketiga atau keempat.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: China Bantai Indonesia 2-1

Saat ini, jarak poin dengan Bahrain yang berada di posisi keempat hanya dua poin, sehingga peluang masih terbuka.

Kemenangan atas Bahrain dan China di kandang menjadi kunci bagi Indonesia untuk mengamankan posisi. Selain itu, konsistensi performa saat menghadapi Jepang, Arab Saudi, dan Australia juga sangat penting.

Dengan finis di posisi keempat, Indonesia masih berpeluang lolos ke putaran berikutnya. Timnas akan bersaing dengan tim-tim peringkat tiga dan empat dari grup lain untuk memperebutkan tiket tersisa ke Piala Dunia 2026.

Pertandingan selanjutnya Timnas Indonesia akan menghadapi ujian berat melawan Jepang di kandang sendiri, tepatnya pada 15 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga