Air Terjun Bumbula, Objek Wisata Hutan Alam di Buton

Iradat Kurniawan

Reporter Buton

Senin, 04 Januari 2021  /  4:37 pm

Air Terjun Bumbula. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

BUTON, TELISIK.ID - Air Terjun Bumbula yang terletak di Desa Kaongke-ongkea, Kecamatan Pasarwajo, adalah salah satu destinasi wisata dengan panorama indah yang dimiliki Kabupaten Buton.

Berada di kawasan hutan adat yang masih terjaga dari polusi, Air Terjun Bumbula bukan hanya menawarkan pemandangan yang menawan. Tetapi juga udara yang sejuk dan suasana hening alam, yang membuat hati menjadi damai ketika berkunjung ke sana.

Tempat wisata ini sangat mudah dijangkau karena berada tidak jauh dari jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Buton dan Kota Baubau. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit berjalan kaki.

Aliran air yang bertingkat-tingkat, dengan gemericik air yang jatuh dan hembusan angin yang sejuk, serasa menyatu padu dengan alam.

Tidak hanya itu, jernihnya air yang jatuh dari setiap tingkatan air terjun, dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar daerah untuk dikonsumsi sebagai air minum.

Baca juga: Telaga Biru Oheo dan Legenda Anawai Ngguluri

Nasim, salah seorang warga desa setempat menjelaskan, pada hari libur, tempat ini selalu ramai pengunjung.

"Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur banyak  yang berkunjung baik dari warga sekitar maupun dari luar daerah," jelas Nasim, Senin (4/1/2021).

Walaupun belum setahun dibuka, tetapi antusias dari masyarakat untuk berkunjung ke lokasi Air Terjun Bumbula sangat besar.

Nasim memaparkan, destinasi wisata Air Terjun Bumbula dikelola oleh pemerintah desa setempat, namun belum memiliki fasilitas yang memadai.

"Harapan saya kepada pemerintah agar fasilitasnya dapat diperhatikan dengan baik terutama jalan masuk menuju tempat wisata," harapnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali