BI Sulawesi Tenggara: Potensi Perikanan Kota Kendari Sumber Ekonomi Masa Depan

Erni Yanti

Reporter

Kamis, 17 Oktober 2024  /  12:24 am

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Jabar Al Jufri (tengah), Kepala KPW BI Sultra Doni Septadijaya (kanan). Foto: Erni Yanti/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID – Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Doni Septadijaya, menilai potensi ekonomi Kota Kendari sangat baik, terutama terkait kekayaan sumber daya alam perikanan di Pelabuhan Samudera.

Pernyataan ini disampaikan Doni usai menerima kunjungan dari Komisi II DPRD Kota Kendari pada Rabu (16/10/2024) di Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tenggara.

Doni menjelaskan, potensi infrastruktur perikanan di Kota Kendari cukup menjanjikan, khususnya di Pelabuhan Perikanan Samudera.

“Ini harus dioptimalkan, karena ke depan perikanan akan menjadi salah satu sumber ekonomi baru bagi Indonesia yang lebih berkelanjutan dibandingkan sektor pertambangan yang mungkin akan habis,” ujarnya.

Baca Juga: Frambusia: Penyakit Kulit Kuno yang Masih Mengintai Anak-anak Indonesia

Menurutnya, perikanan akan selalu ada karena merupakan kebutuhan pangan utama. Ia berharap agar Komisi II DPRD Kota Kendari dapat menjadikan ini sebagai referensi dalam merumuskan kebijakan untuk fokus pada pembangunan kota di masa depan.

“Secara tahunan, pertumbuhan ekonomi Kota Kendari relatif lebih rendah dibandingkan dengan tingkat nasional, tetapi ini tidak menjadi hambatan. Kita memiliki peluang besar karena Kota Kendari berfungsi sebagai wilayah penyangga untuk industri di Morosi, Kabupaten Konawe, dan Pomala, Kabupaten Kolaka,” jelas Doni.

Baca Juga: Dituding Gelembungkan Anggaran Gerbang Kendari - Toronipa, Kadis SDA Bina Marga Siapkan Data Lengkap

Hal ini, menurut Doni, membuka kesempatan untuk mengembangkan sektor ekonomi pendukung, mengingat kebutuhan tersebut tidak selalu ada di daerah industri.

“Saat ini, kondisi perekonomian Kota Kendari masih rendah, dengan pertumbuhan sekitar 3,5 persen pada tahun 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Jabar Al Jufri, mengatakan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan BI Sulawesi Tenggara.

Selain itu, juga membahas pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari, termasuk sektor-sektor yang masih dianggap kurang dan yang memiliki potensi untuk berkembang melebihi target saat ini. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS