Buang Sampah Sembarangan, Lurah Lahundape Kembalikan Sampah di Depan Pintu Ruko Warga

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 30 September 2024  /  12:59 pm

Warga bersama Lurah Lahundape Juhardin Dema, usai mengembalikan smpah ke pintu ruko RM Yang'S. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Lurah Lahundape, Juhardin Dema, kesal pada salah seorang warganya karena membuang sampah sembarangan, tepatnya di pinggir Jalan Ir. H. Alala By Pass, bukan di tempat sampah. Akibatnya, warga lain ikut-ikutan membuang sampah di tempat itu.

Juhardin mengaku sudah mengingatkan pemilik ruko yang merupakan Rumah Makan Yang'S, untuk membuang sampah di tempat sampah, jangan ditumpuk di depan ruko di pinggir jalan protokol. Namun pemilik ruko tidak menggubris permintaan itu.

"Kami sudah memperingatkan mereka pada tanggal 20 September untuk segera membuang sampah pada tempatnya. Mereka berjanji akan menanganinya dalam waktu 1x24 jam, namun hingga hari Jumat, 27 September, sampah tersebut masih dibiarkan menumpuk," jelas Juhardin.

Juhardin menambahkan, pihak kelurahan telah mengambil langkah resmi dengan menyurati pemilik Rumah Makan Yang'S. Surat tersebut meminta penjelasan mengapa pihak rumah makan belum membuang sampah sesuai peringatan yang diberikan. Namun pihak rumah makan tak memberikan respons terhadap peringatan tersebut.

Baca Juga: Warga Kendari Diimbau Buang Sampah Jam 5 Sore hingga 6 Pagi

Baca Juga: Pemuda Konawe Selatan Ini Manfaatkan Sampah Warga jadi Peluang Bisnis

Karena kesal, Juhardin akhirnya mengambil langkah tegas. Sampah-sampah yang ditumpuk di pinggir jalan, dipindahkan ke depan pintu ruko. Pemindahan sampah dilakukan oleh puluhan warga yang juga kesal dengan perilaku pemilik Rumah Makan Yang'S.

Juhardin berharap aksi ini menjadi pembelajaran bagi semua pemilik usaha ruko, rumah makan, kios, maupun warga yang tidak taat aturan mengenai cara membuang sampah pada tempatnya,  termasuk sampah rumah tangga yang ada di Kelurahan Lahundape.

"Sampah yang dibuang sembarangan tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga merugikan warga sekitar," tuturnya. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS