Catat, Ini 5 Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Fitrah Nugraha

Reporter

Rabu, 14 September 2022  /  3:32 pm

Melahirkan normal tanpa jahitan menjadi keinginan setiap wanita yang dalam waktu dekat akan melahirkan. Foto: Repro dream.co.id

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang dialami perempuan saat sudah berumahtangga adalah melahirkan. Saat sang ibu melahirkan buah hati bisa dilakukan beberapa cara, salah satunya dapat melahirkan normal tanpa jahitan.

Dikutip sehatq.com, siklus ibu melahirkan pada umumnya dimulai dari mengalami kontraksi, pembukaan saat melahirkan, buah hati lahir, ditutup dengan dokter menjahit area perineum (antara anus dan vagina).

Biasanya, jahitan dilakukan apabila dokter melakukan prosedur episiotomi. Ini adalah prosedur menggunting area perineum untuk memperluas jalan lahir bayi.

Menurut penelitian dari The Journal of Perinatal Education, bayi yang terlalu besar dikhawatirkan akan sulit keluar saat persalinan. Hal inilah yang membuat dilakukannya induksi persalinan, seperti induksi alami, maupun operasi caesar.

Tindakan ini dilakukan agar robekan saat kepala bayi keluar lebih bisa dikendalikan dan terarah dibandingkan jika robek dengan sendirinya. Namun, tetap ada risiko infeksi dan komplikasi.

Baca Juga: 7 Tips Memotivasi Diri Sendiri, Hargai Dirimu Hingga Baca Biografi Orang Sukses

Wajar jika ketakutan terbesar para ibu baru setelah melahirkan adalah soal jahitan di area perineum. Setiap ibu tentu pernah merasa khawatir atau bahkan bingung bagaimana buang air besar setelah mendapat jahitan.

Biasanya, ibu takut terasa nyeri pada area yang berdekatan dengan lokasi jahitan. Padahal, ada tips agar melahirkan normal tanpa jahitan yang tidak mustahil dilakukan.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar dapat melahirkan normal tanpa jahitan:

1. Tetap bergerak aktif selama hamil

Terapkan pola makan yang sehat selama hamil dan lengkapi dengan olahraga, seperti senam hamil, kelas Lamaze, atau yoga untuk ibu hamil, agar tubuh lebih kuat. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga jalan lahir menjadi lebih elastis dan dapat meregang lebih baik.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa olahraga rutin selama hamil dapat mengurangi risiko terjadinya robekan pada jalan lahir.

2. Melakukan pijat perineum

Gerakan memijat pada jaringan di sekitar vagina (pijat perineum) akan membuat jaringan tersebut lebih fleksibel, sehingga dapat memperbesar kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan.

Pijat perineum dapat dimulai ketika kehamilan berusia 34 minggu, dan cara ini telah teruji efektif mencegah robekan perineum saat melahirkan normal. Lakukanlah pijat perineum setiap hari selama 5 menit. Pijat perineum dapat dilakukan sendiri dengan bantuan cermin atau dilakukan oleh pasangan. Bumil juga bisa meminta bantuan bidan untuk melakukan pemijatan ini.

3. Memilih posisi saat melahirkan

Posisi tubuh tertentu ketika melahirkan dapat mengurangi tekanan pada perineum, sehingga risiko terjadinya robekan akan berkurang. Beberapa posisi tersebut di antaranya adalah posisi jongkok, berlutut, atau berbaring menyamping.

Baca Juga: 7 Tips Agar Berhasil Meraih Kesuksesan

4. Memberikan kompres hangat pada perineum

Suhu hangat akan membuat aliran darah meningkat dan melemaskan otot sekitar perineum. Lakukan kompres hangat dengan menempatkan handuk atau kain hangat di sekitar perineum pada waktu melahirkan.

Jika memungkinkan, minta seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tidak robek ketika kepala bayi terdorong keluar dari jalan lahir.

5. Mengatur regangan otot jalan lahir

Pada waktu persalinan, dokter atau bidan akan memberikan aba-aba kapan harus mengejan. Ketika kepala bayi sudah mulai tampak, maka Anda akan diminta berhenti mengejan dan mengambil beberapa napas pendek yang dikeluarkan melalui mulut.

Hal tersebut akan membuat kepala bayi keluar dengan perlahan, sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang tanpa robek. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti aba-aba yang diberikan agar dapat melahirkan normal tanpa jahitan.

Tips melahirkan normal tanpa jahitan yang harus dilakukan sejak usia kandungan masih muda adalah tetap aktif bergerak dengan berolahraga secara rutin. Sementara itu, untuk pijat perineum, posisi melahirkan yang baik, dan kompres hangat perineum saat persalinan, dapat Anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin