Dinkes: Tidak ada Warga Kolut Terinfeksi Virus Corona

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Rabu, 18 Maret 2020  /  7:24 pm

Proses skrening kesehatan di Posko Kesehatan Pemantauan dan Pengendalian Covid-19 di Pelabuhan Penyeberanga Tobaku. Foto: Muh. Risal/Telisik

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Menanggapi postingan yang beredar di media sosial terkait rilis pers laporan pasien dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra),  yang di keluarkan oleh Dines Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyatakan bahwa, tidak ada warga Kolaka Utara yang ditemukan terinveksi Virus Corona atau Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan  Kepala Dines Kesehatan, Kolut, Irham, S.Km.,M.Kes saat di temui, Rabu (18/3/2020) di Kantor Dinkes, Kolut.

"Jadi di Kolut itu tidak ada penderita, suspek, atau diduga, yang 52 orang itu bukan penderita atau terduga Covid-19. Mereka adalah jamaah yang habis melakukan umroh, yang kondisi kesehatannya kami lakukan pemantauan selama 15 hari kedepan. Tindakan ini kami lakukan sebagai langkah preventif, tapi bukan berarti mereka itu suspek atau penderit dan kami pastikan mereka dalam kondisi sehat," jelasnya.

Terkait pernyataan Dinkes Sultra, lanjutnya, Itu tidak salah hanya saja bahasa dari pernyataan tersebut yang tidak bisa dipahami atau salah ditafsirkan oleh masyarakat sehingga seolah-olah di Kolut ada 52 penderita Corona.

"Jadi yang 52 orang itu bukan penderita, suspek, atau diduga  Corona," tegas Irham.

Manta Kadis Perindustrian ini juga mengungkapkan bahwa, sejak tanggal 16 Maret 202, pihaknya telah melakukan skrening kesehatan di pelabuhan penyeberangan Tobaku dan hasilnya sampai hari ini belum  ditemukan masyarakat yang terindikasi Corona.

"Kami sudah melakukan skrening kesehatan kurang lebih 109 penumpang dan sampai hari ini belum ada yang kami temukan terindikasi Corona," pungkasnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin