Dispar Buteng Lirik Laumehe sebagai Wisata Gua Kering

Mutarfin

Reporter Buton Tengah

Sabtu, 31 Oktober 2020  /  1:37 pm

Gua Laumehe. Foto: Mutarfin/ Telisik

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Saat ini Pemerintah Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pariwisata  sudah mulai melirik pengembangan wisata Gua Laumehe sebagai destinasi wisata gua kering.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin mengatakan, saat ini pihak Dispar Buteng sedang melakukan pengembangan wisata gua kering salah satunya itu adalah Gua Laumehe yang ada di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur.

"Jadi salah satu gua yang kita unggulkan nanti itu adalah Gua Laumehe yang merupakan gua kering," ungkapnya Sabtu (31/10/2020).

Kata dia, nantinya gua ini bakal menjadi sasaran wisatawan seluruh lapisan masyarakat karena tergolong gua kering, jadi siapa saja bisa mengunjunginya. Sedangkan gua yang berair, hanya orang-orang yang memiliki alat dan keterampilan untuk menyelam yang bisa mengunjungi.

Baca juga: Permandian Kaaghi Mubar Jadi Daya Tarik Tersendiri Bagi Pengunjung

Selain itu, sekarang Pemda Buteng melalui Dinas Pekerjaan Umum sudah mulai membangun jalan akses ke Gua Laumehe dan ini merupakan domain Dispar Buteng untuk mengembangkan apa yang ada di dalam gua tersebut.

"Sekarang yang kita perlukan karena namanya juga wisata gua, dari sisi keselamatan dan keamanan pengunjung harus diutamakan. Karena wisata gua agak sedikit riskan ketimbang wisata pantai. Kita perlu bangun track dan sekaligus pencahayaannya," ujarnya.

Wujuddin juga mengungkapkan, sampai saat ini respon masyarakat setempat terhadap pengembangan wisata gua kering sangat baik dan mendukung upaya pengembangan yang dilakukan Pemda. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

TOPICS