4 Desa Wisata Terbaik di Kaledupa, Salah Satunya Penghasil Kain Tenun yang Dipakai Menteri Pariwisata

Nina Nurrahmah, telisik indonesia
Rabu, 04 Agustus 2021
0 dilihat
4 Desa Wisata Terbaik di Kaledupa, Salah Satunya Penghasil Kain Tenun yang Dipakai Menteri Pariwisata
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat menggunakan pakaian dari kain tenun tradisional Desa Pajam. Foto: Instagram @sandiuno

" Daya tarik wisata yang ditawarkan di desa wisata Sombano yaitu Pantai Taduno, Danau Sombano, dan hutan mangrove Langira "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Keindahan Wakatobi tak hanya sebatas mengeksplorasi wisata bawah lautnya saja, akan tetapi mengeksplorasi Wakatobi berarti menjelajah hingga ke desa-desa yang tidak kalah eksotis menyuguhkan keaslian budaya, kearifan lokal serta keramahtamahan masyarakatnya.

Berikut ini 4 desa wisata terbaik di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang dirangkum Telisik.Id dari berbagai sumber.

1. Desa Wisata Pajam

Wisatawan yang ikut dalam kegiatan tenun tradisional di desa wisata Pajam. Foto: Ist.

 

Desa wisata ini terletak di Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi. Desa wisata ini juga dikenal sebagai kampung tenun tradisional.

Sudah banyak kain tenun yang berhasil diproduksi oleh desa wisata ini, salah satunya adalah kain tenun yang digunakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno.

“Wisatawan yang berkunjung kesini biasanya akan diajak menuju Benteng Kerajaan Kaledupa, gua, tracking desa tua, kemudian menikmati kuliner khas yang disebut tombole, ikut serta dalam kegiatan tenun tradisional, dan mengikuti Tarian Lariangi bersama masyarakat setempat,” ujar Ketua Pengelola Desa Wisata Pajam, Muliadin (47), Senin (1/8/2021).

2. Desa Wisata Sombano

Wisatawan di Desa Wisata Sombano. Foto: Ist.

 

Desa wisata kedua yang wajib kamu kunjungi di Pulau Kaledupa adalah desa wisata Sombano. Desa wisata ini berada di ujung utara Pulau Kaledupa.

Daya tarik wisata yang ditawarkan di desa wisata Sombano yaitu Pantai Taduno, Danau Sombano, dan hutan mangrove Langira.

“Selain keindahan alam yang luar biasa, desa wisata Sombano juga memiliki komoditi lokal yang dibuat sedemikian rupa untuk diperdagangkan mulai dari hasil perkebunan serta hasil laut. Karena mayoritas masyarakat desa ini adalah nelayan dan petani,” jelas pengelola desa wisata Sombano, Zambo Saputra (30), Selasa (3/8/2021).

Zambo menambahkan, setiap wisatawan pun bisa belajar membuat kuliner tradisional seperti perangi, parende, dan soami. Keunikan budaya yang ditawarkan mulai dari sila tradisional dan Tarian Lariangi.

Pakaian adat Tarian Lariangi yang disuguhkan setiap wisatawan berkunjung ke Pulau Kaledupa. Foto: Ist.

 

Desa ini juga memiliki central souvenir sarung tenun tradisional yang berkolaborasi dengan Desa Pajam. Wisatawan juga bisa melakukan kegiatan canoeing menjelajahi Danau Sombano yang di dalamnya terdapat spesies udang merah serta bisa ikut berburu ikan di bawah laut menggunakan alat tangkap ikan tradisional yaitu dengan memanah.

3. Desa Wisata Tanomeha

Desa wisata terbaik ketiga di Pulau Kaledupa adalah desa wisata Tanomeha. Desa wisata ini juga berlokasi di Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi.

“Ikon wisata utama dari desa wisata ini adalah mangrove,” kata koordinator desa wisata Tanomeha, Jaswia (29), Senin (2/8/2021).

“Setiap wisatawan yang berkunjung ke desa ini bisa ikut canoeing dan snorkeling di area portal mangrove. Selain itu terdapat juga rumput laut berupa anggur laut dengan 6 cita rasa berbeda yang bisa dikonsumsi langsung oleh wisatawan di area mangrove,” tambah Jaswia.

Baca Juga: Eksotisme Pantai Palahidu, Perpaduan Sejarah dan Keindahan Alam Pulau Binongko

Baca Juga: Ini 7 Spot Diving Recommended di Pulau Tomia, Wakatobi

4.Desa Wisata Mantigola

Desa wisata terakhir yang wajib kamu kunjungi di Pulau Kaledupa adalah desa wisata Mantigola. Desa wisata Mantigola berlokasi di laut Bajo di Pulau Kaledupa.

“Salah satu keunikan dari desa wisata ini adalah terdapat terumbu karang yang indah, rumput laut, dan juga hutan bakau,” ujar Lusdin (21) yang merupakan ketua Karang Taruna Desa Mantigola.

Lusdin menambahkan, aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan disini yaitu ikut menyelam bersama suku Bajo dan turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para nelayan suku Bajo Sampela, Pulau Kaledupa.

Siap eksplor desa wisata Kaledupa liburan mendatang? Let's go... (A)

Reporter: Nina Nurrahmah

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga