Dua Santri Baron Kendari Juara Tahfidz SMP se-Sultra

Fitrah Nugraha

Reporter

Sabtu, 19 Oktober 2024  /  9:30 pm

Dua santri Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari berhasil jadi juara pada cabang lomba Tahfidz Qur'an tingkat SMP se-Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID – Dua santri SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari yang bernaung di bawah Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Baron Kendari berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Smart Young Competition (SYC) cabang lomba Tahfidz Qur’an.

Mereka sukses meraih juara 1 dan 2 dalam kompetisi yang diadakan oleh SMA Negeri 4 Kendari tingkat SMP/MTs se-Sulawesi Tenggara.

Kompetisi tahunan SYC yang diselenggarakan SMA Negeri 4 Kendari kembali digelar pada Senin (14/10/2024), dan berlangsung selama enam hari hingga Sabtu (19/10/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 262 siswa dari 21 sekolah di seluruh Sulawesi Tenggara. Berbagai cabang lomba diadakan, termasuk debat bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Cepat Tepat (LCT), Tahfidz Qur'an, baca puisi, hingga solo akustik.

Baca Juga: Jadwal KM Jetliner Rute Kendari - Raha - Wanci

Dalam ajang tersebut kedua santri SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari yakni Asyifa Khoirunisa Rustan, siswa kelas VIII.B asal Buton Utara, berhasil meraih juara 1. Sementara Nasrul Muhaimin, siswa kelas IX.A asal Unaaha, meraih juara 2 cabang lomba Tahfidz Qur’an.

Kepala SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari, Habarin, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian para santri tersebut.

“Kemenangan ini adalah bukti dari kerja keras, ketekunan, dan dedikasi mereka. Prestasi ini tidak hanya membanggakan diri sendiri, tetapi juga membawa nama harum sekolah dan pesantren,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para guru dan orang tua yang telah memberikan dukungan serta bimbingan kepada siswa, sehingga dapat meraih hasil yang membanggakan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk terus bersemangat dalam menghafal Al-Qur'an serta mengembangkan kemampuan di bidang lain,” tambah Habarin.

Baca Juga: Tes SKD CAT-BKN 2024 Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Transparan dan Berintegritas

Hasyim Fardianta selaku Koordinator Kesiswaan, mengungkapkan bahwa prestasi santri dalam cabang Tahfidz Qur'an secara tidak lansung sebagai garansi terbaik santri kepada orang tua dalam prestasi non akademik.

“Kami berharap para santri dapat meningkatkan kualitas hafalan Qur'annya serta menghiasi kepribadian mereka sesuai dengan nilai-nilai Al Qur'an,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari, Muhadir, turut menyampaikan kebanggaannya atas prestasi para santri.

Ia berharap, kemenangan ini akan menjadi motivasi untuk terus mempersiapkan diri lebih baik di ajang kompetisi berikutnya dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS