Dukung Komersialisasi Layanan 5G, Menkominfo Siapkan Roadmap yang Memadai

Marwan Azis

Reporter Jakarta

Jumat, 28 Mei 2021  /  4:47 pm

Suasana peresmian 5G Telkomsel di Jakarta. Foto: Ist.

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah memberikan dukungan penuh implementasi teknologi atau layanan internet 5G di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate juga memaparkan potensi komersialisasi 5G yang besar karena meningkatkan efisiensi di level pelanggan.

Menurutnya, penyelenggara layanan telekomunikasi atau operator seluler perlu menyiapkan peta jalan (roadmap) yang memadai.

"Efisiensi bagi pelanggan tidak saja secara komersial tapi secara teknologi, karena kecepatannya, manfaatnya itu begitu banyak. Tadi sudah digambarkan juga seperti gaming, virtual reality, dan lain sebagainya yang bisa digunakan, itu dari human to human communcation, human to machine communcation, dan lagi untuk industri, machine to machine communication," ujarnya dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Hasil Penyekatan Pemudik, Terungkap 1.309 Orang Terindikasi Positif COVID-19

Menteri Johnny mengapresiasi peresmian 5G Telkomsel termasuk rencana pergelaran operasi komersial di wilayah Jabotabek dan kota besar lain.

Namun, Menkominfo mengingatkan implementasi operasi komersial membutuhkan kerja sama ekosistem, baik kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota hingga pemerintah desa.

“Serta ekosistem industri untuk memastikan pembangunan teknologi 5G berlangsung dengan lancar. Jangan lupa untuk menyiapkan roadmap yang memadai, karena tidak mudah juga untuk menempatkan microcell di kota besar,” ungkapnya.

Menurut Menteri Johnny, penyelenggara telekomunikasi perlu menyiapkan cara yang cerdas dalam menggelar infrastruktur untuk mendukung implementasi 5G.

Baca Juga: Pimpinan DPR Minta Pemerintah Desak PBB Tuntut Kejahatan Perang Israel

“Gunakan cara-cara yang tegas, cara-cara yang cerdas, komunikasi yang efektif agar memudahkan kita men-deploy setiap kebutuhan penggelaran ICT infrastruktur untuk mendukung 5G deployment," pintanya.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, Presiden Joko Widodo sering menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah akan membangun ibukota negara baru berbasis teknologi 5G.

"Itu peluang, itu kesempatan yang luar biasa, itu pasar. Indonesia mempunyai pasar domestik yang besar," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS