Efek Corona, Belasan Ribu Pelanggan PLN di Bombana Digratiskan

Hir Abrianto

Reporter Bombana

Selasa, 07 April 2020  /  3:46 pm

Sosialisasi pelayanan listrik gratis bagi pelanggan yang tinggal di daerah terpapar wabah COVID-19. Foto: Hir/Telisik

BOMBANA, TELISIK. ID - Efek penyebaran wabah Corona yang merambah hingga di daerah Sulawesi Tenggara, ribuan pelanggan Perusahaan Listrik Negara di Kabupaten Bombana mendapatkan token gratis selama tiga bulan kedepan.

Di Kabupaten Bombana, sebanyak 12.753 pelanggan PLN tersebar di 22 kecamatan dan 122 desa. Sebanyak 9. 551 merupakan pelanggan dengan daya sebesar 900 VA dan 3.202 pelanggan dengan daya sebesar 450 VA.

Manager PLN Bombana, Agus Wahyu Setiawan membeberkan, antusias masyarakat terhadap istruksi presiden ini sangat nampak. Kata dia, warga berbondong-bondong mendatangi kantor PLN yang terletak di Kelurahan Lauru, Kasipute guna memperjelas cara mendapatkan bantuan listrik gratis selama tiga bulan.

"Yang 450 VA full gratis semantara yang 900 VA hanya dapatkan diskon 50 %, tinggal melapor saja pada layanan via telepon atau situs www. Pln.co.id atau petugas supaya bisa digrartiskan. Sedangkan yang analog langsung digratiskan oleh petugas," ucapnya.

Agus Wahyu menjelaskan, pelanggan PLN wilayah Bombana terbagi di tiga zona . Untuk wilayah daratan terdapat 2.470 pelangan dengan daya 450 VA, sedangkan 900 VA berjumlah  7.607 pelanggan dan sisanya ada diwilayah Pulau Kabaena di bawah PLN layanan unit Mawasangka.

Ditemui ditempat terpisah, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupatan Bombana, Ardi mengatakan pihaknya akan mengawal kebijakan Presiden terhadap pelanggan listrik dengan menyesuaikan pada daftar PKH berdasarkan laporan Dinas Sosial setempat. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan apakah program gembira terang terlaksana sesuai dengan program Bupati Bombana.

Reporter: Hir

Editor: Sumarlin