94 Desa di Flores akan Teraliri Listrik Tahun Ini

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
94 Desa di Flores akan Teraliri Listrik Tahun Ini
PLN Nusa Tenggara Timur siap mengaliri listrik 94 desa di Flores. Foto: Ist.

" PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur akan mengalirkan listrik bagi 94 desa di Flores pada tahun 2023 "

KUPANG, TELISIK.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur akan mengalirkan listrik bagi 94 desa di Flores pada tahun 2023.

General Manager PLN UIW NTT, Fintje Lumembang mengatakan, pembangunan listrik pedesaan di Flores terus bergerak naik.

Pada 2022, kata dia, PLN telah melistriki sebanyak 33 desa dan 34 dusun dengan jumlah calon pelanggan sebanyak 13.766 kepala keluarga.

Baca Juga: Penerbangan Wakatobi Tak Kunjung Aktif, Hugua: Mahkota Pariwisata Sulawesi Tenggara Jatuh

Fintje mengatakan, untuk melistriki 94 desa yang ditargetkan, PLN akan membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 191,8 kilo meter sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah 227,9 kms, gardu 54 unit dengan total daya 2.700 kilo volt ampere (kva).

Kata dia, pembangunan listrik di Flores yang terdiri dari 8 kabupaten (Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur memiliki tantangan tersendiri yaitu sebagian besar jaringan listrik harus melewati kawasan hutan.

Oleh sebab itu, PLN juga menjalani proses pengurusan izin pembangunan jaringan yang memerlukan dukungan dan koordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi yaitu kondisi geografis dan akses jalan yang kurang memadai, sehingga menghambat proses pengangkutan material jaringan listrik ke desa atau dusun.

Baca Juga: Satu Lagi Tahanan Kabur Ditangkap di Tapanuli

"Banyak ruas jalan yang sulit untuk dilewati kendaraan sehingga kami berharap menjadi prioritas perbaikan oleh pemerintah provinsi atau kabupaten sehingga pembangunan listrik pedesaan bisa lebih lancar," katanya, Minggu (26/2/2023) di Kupang.

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat sangat mendukung dan mengapresiasi PLN.

Dukungan pemerintah, kata Laiskodat, membantu PLN dalam meminimalisir berbagai tantangan, khususnya dari segi kondisi geografis dan infrastruktur. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga