Fenomena Worm Moon Terjadi Besok, Ini Daerah yang Dilewati

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Selasa, 07 Maret 2023  /  12:23 am

Bulan purnama super atau Worm Moon akan terjadi pada Maret ini yang terjadi di Amerika Serikat bagian timur yang mencapai pada 7.40 EST, Senin (7/3/2023). Foto: Detik.com

JAKARTA, TELISIK.ID - Bulan purnama super atau Worm Moon akan terjadi pada Maret ini di Amerika Serikat bagian timur yang mencapai pada 7.40 EST, Senin (7/3/2023).

Dikutip dari Merdeka.com, Worm Moon alias bulan purnama cacing itu berasal dari orang-orang suku Naudowessie (Dakota) dan penduduk asli Amerika lainnya yang menyebut istilah Worm Moon mengacu pada musim cacing ang bermunculan dari tanah setelah hujan musim semi

Melansir Detik.com, pada malam 7 Maret, jika cuaca cerah, Anda akan menemukan bulan purnama. Menurut Old Farmer's Almanac bulan purnama di Maret disebut sebagai Worm Moon atau bulan purnama cacing.

Baca Juga: Fenomena Devadasi di India: Jadikan Perempuan Budak Seks Berkedok Pemujaan Dewa

Menurut NASA, munculnya bulan ini bertepatan dengan momen Prapaskah, setelah periode puasa umat Kristen sebelum Paskah, yang bertepatan dengan periode siklus bulan ini. 

Dilansir dari Space.com, pengamat di Portland, Oregon memperkirakan garis lintang sama dengan Kota New York, akan melihat bulan purnama mencapai ketinggian maksimum pada pukul 1:01 pagi pada 8 Maret 2023, saat bulan melintasi meridian (garis imajiner yang membentang ke utara ke selatan melintasi langit). 

Bagi para pengamat langit, bulan akan mencapai ketinggian 48 derajat, 6 derajat lebih rendah (sekitar 12 diameter bulan) daripada yang terlihat di New York. Ini karena bulan purnama terjadi pada pukul 16:40 Waktu Pasifik, dan antara saat itu dan saat melintasi meridian, ia sempat bergerak beberapa derajat.

Orang-orang di belahan bumi selatan akan melihat bulan terbit beberapa saat kemudian, di sana masih musim panas secara resmi dan hari-hari lebih panjang (meskipun semakin pendek saat ekuinoks mendekat). Dari Santiago, Chili, bulan purnama terjadi pada 7 Maret pukul 09:40 waktu setempat, dan terbit pada pukul 20:34.

Baca Juga: Fenomena Resesi Seks yang Berimbas Godoksa Mengancam Korea Selatan

Sedangkan matahari terbenam pada pukul 20:11, warga Australia (di Melbourne) akan melihat bulan mencapai fase penuh pada malam hari, pukul 23:40 waktu setempat pada 7 Maret. Matahari terbenam di Melbourne pukul 19:52 dan bulan terbit pukul 20:01.

Bulan purnama juga bertepatan dengan Purim, hari raya Yahudi yang merayakan keselamatan bangsa Yahudi dari rencana pembunuhan semua warga Yahudi Persia kuno. Purim 2023 akan dimulai pada malam tanggal 6 Maret dan berlanjut hingga malam tanggal 7 Maret.

Bagi umat Hindu, bulan purnama bulan Maret ini menandai festival Holi, perayaan cinta dewa Radha Krishna dan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Selama Holi, orang-orang yang bersuka ria menyalakan api unggun dan saling menyiram dengan bubuk warna-warni atau air yang diwarnai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS