Politisi Demokrat Ini Sempat Ingatkan Menteri KKP Soal Ekspor Benur

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 25 November 2020
0 dilihat
Politisi Demokrat Ini Sempat Ingatkan Menteri KKP Soal Ekspor Benur
Menteri KKP, Edhy Prabowo. Foto: Repro google.com

" Di era keterbukaan ini, semua bisa memantau setiap kebijakan dan di Komisi IV (DPR) sudah sering kami ingatkan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, terkait dugaan korupsi penetapan izin ekspor benih lobster (Benur) di Bandara Soekarno-Hatta pada, Rabu (25/11) dini hari tadi.

Sebelum ditangkap, Edhy Prabowo sempat diingatkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Bambang Purwanto untuk berhati-hati dalam mengekspor benih lobster.

Pasalnya, ekspor benih lobster menjadi sorotan publik, karena hal ini jarang dilakukan dan harus mengikuti mekanisme dan tata kelola yang benar.

"Di era keterbukaan ini, semua bisa memantau setiap kebijakan dan di Komisi IV (DPR) sudah sering kami ingatkan," kata Purwanto di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Ngabalin dan 2 Anggota DPR Ikut Diamankan saat Penangkapan Edhy Prabowo

Purwanto juga mengatakan, sejauh ini banyak kalangan yang menyarankan agar tidak ada yang mengekspor benih lobster, karena Indonesia sebagai negara produsen harus menjaga benih lobster.

Harusnya, kata Purwanto, Pemerintah memberikan semangat kepada masyarakat nelayan untuk memiliki semangat budi daya benih lobster untuk menambah kesejahteraan nelayan.

"Jadi unsur kehati-hatian, baik dalam menjaga kelestarian lobster itu sendiri, juga mekanisme atau tata kelola harus cermat dan hati-hati," jelasnya.

Diketahui, tim penindakan KPK menangkap Menteri KKP Edhy Prabowo bersama sejumlah pihak dari Kementerian KKP, beserta anggota keluarganya di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (25/11/2020) dini hari, setelah kembali dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. (C)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga