Ganti Nama Jadi Imunisasi, Pemda Konsel Sasar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Ashar Hamka

reporter

Kamis, 13 Januari 2022  /  3:19 pm

Suasana rapat pemantapan persiapan imunisasi anak di Auditorium lantai III Kantor Bupati Konsel. Foto: Ashar Hamka/Telisik

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Setelah sukses dengan sasaran target sebelumnya, target program vaksinasi nasional hingga mencapai angka 72,26 persen. Kini Pemda Konawe Selatan (Konsel) berencana melanjutkan kegiatan percepatan vaksinasi hingga 60 persen untuk dosis kedua yang saat ini baru mencapai diangka 36.49 persen dan 51,1 persen dosis pertama Lansia.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyampaikan, Pemda terus berupaya memperkecil resiko penularan COVID-19 dengan membentuk herd immunity atau kekebalan komunal.

"Ini dilakukan juga demi memulihkan ekonomi. Karena dampak ekonomi dari pandemi virus ini luar biasa,“ sebut pasangan Wakil Bupati Rasyid ini, Kamis (13/1/2022).

Bupati Surunuddin menyebutkan, kini pihaknya mulai menyasar vaksinasi anak sekolah usia 6-11 Tahun. Direncanakan dimulai pada awal Februari mendatang yang dilaksanakan di sekolah baik SD, SATAP, SMP/MTS maupun pondok pesantren.

“Kita sepakat untuk mengganti istilah vaksinasi jadi Imunisasi anak. Hal itu untuk memotivasi kelancaran terlaksananya kegiatan. Persiapannya lebih dimantapkan lagi, sehingga awal Februari 2022 ini sudah bisa dilaksanakan dengan baik,“ ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Pemprov DKI Jakarta Sudah Mulai Vaksinasi Booster

Ia pun meminta seluruh pihak bahu-membahu dan bertanggung jawab mensukseskan vaksinasi lanjutan dan imunisasi dimaksud, dengan target dua Minggu ke depan tuntas.

"Kembali solidkan tim kita, khususnya para camat untuk membangun komunikasi dengan baik, agar dalam menjalankan tugas lebih maksimum. Data penduduk per desa yang belum tervaksin, agar sasaran ketahuan saat turun lapangan," imbuhnya.

Senada, Wakil Bupati Konsel, Rasyid, terkait vaksinasi/imunisasi anak, ia meminta dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, agar masyarakat khususnya orang tua murid bisa mengerti dan mau anaknya disuntik vaksin.

Baca Juga: DP3A Siapkan Rumah Singgah, Lindungi Korban Kekerasan Anak dan Perempuan

"Kita sosialisasikan dulu rencana ini, jadi saya minta pihak terkait menyiapkan materi penjelasannya, nantinya dibagi 5 kelompok untuk 25 Kecamatan dengan jangka tiga hari semua tuntas, selanjutnya kita laksanakan vaksinasi," jelasnya.

Sedangkan Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo menyatakan, komitmennya untuk membangun sinergitas dengan Pemda dalam pencapaian target yang dicanangkan. Sebab permasalahan penanggulangan wabah COVID-19 melalui vaksinasi jadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri.

"Kami dari pihak kepolisian siap kawal dengan mendata dan memobilisasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan penuhi target sasaran," tukasnya. (A)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin