Gempa Bumi M3,4 Guncang Timur Laut Wawonii di Kedalaman 10 Km

Erni Yanti

Reporter

Kamis, 03 Oktober 2024  /  5:35 pm

Gempa bumi di Timur Laut Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Erni Yanti/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari melaporkan terjadinya gempa bumi di Timur Laut Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan, dengan kekuatan magnitudo 3,4 pada kedalaman 10 km, Kamis (3/10/2024) pukul 12:44:11 WITA.

Kepala BMKG Kota Kendari, Sugeng Widarko, menjelaskan bahwa gempa tersebut berlokasi di 3,28 LS dan 123,47 BT, sekitar 93,7 km timur laut Wawonii. "Seperti yang terlihat dalam grafik, ada titik merah yang menunjukkan lokasi gempa," kata Sugeng.

Ia menambahkan bahwa meskipun terjadi gempa, masyarakat di Kendari mungkin tidak merasakannya. "Saya pribadi tidak merasakan gempa di Kendari, tetapi tidak menutup kemungkinan orang lain merasakannya," ujarnya.

Baca Juga: Menelisik Makam China di Moramo Konawe Selatan, Konon Tersimpan Harta Emas dan Perak

Baca Juga: Survei JSI, Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida Unggul di Kabupaten Konawe

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Diharapkan, warga dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa dan tidak mengalami kerusakan yang membahayakan sebelum kembali ke dalam rumah," tambah Sugeng.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi media sosial BMKG atau menghubungi kontak di +62 811-4032-225 melalui WhatsApp. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS