Hasil Timnas Indonesia Vs Bahrain: Skuad Garuda Kembali Raih Hasil Imbang

Merdiyanto

Content Creator

Jumat, 11 Oktober 2024  /  8:46 am

Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen saat mencetak gol ke gawang Bahrain. Foto: Repro Reuters

BAHRAIN, TELISIK.ID - Timnas Indonesia kembali meraih hasil imbang 2-2 saat melawan Bahrain dalam lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Laga antara Timnas Indonesia vs Bahrain berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024), pada pukul 23.00 WIB.

Timnas Indonesia harus berpuas diri setelah berbagi poin dengan Bahrain. Gol Indonesia tercipta melalui Ragnar Oratmangoen (47)' dan Rafael Struick (75)', sedangkan Bahrain melalui Mohamed Marhoon (15, 90+6)' .

Jalannya Pertandingan

Pemain Bahrain melakukan pelanggaran keras terhadap Malik Risaldi dalam perebutan bola di udara pada awal pertandingan. Keduanya beradu kepala, mengakibatkan luka terbuka pada kepala Malik hingga mengeluarkan darah.

Selama 5 menit babak pertama, permainan Bahrain tampak hati-hati. Mereka lebih banyak mengandalkan operan pendek antar pemain dan enggan melakukan umpan silang jauh.

Lini belakang Indonesia, yang dikawal Mees Hilgers dan Jordi Amat, bermain cukup tenang dan berhasil menggagalkan upaya Bahrain untuk menembus pertahanan.

Menit ke-9, Maarten Paes menunjukkan ketenangannya. Meski dikepung pemain depan Bahrain di dekat kotak penalti, ia dengan tenang memainkan umpan pendek-pendek bersama Jordi Amat.

Wasit Ahmed Al Kaf mengeluarkan kartu kuning pertamanya. Kartu tersebut diberikan kepada seorang pemain Bahrain yang melakukan pelanggaran terhadap Calvin Verdonk.

Baca Juga: Sosok Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Bahrain

Mohamed Marhoon berhasil membuka keunggulan Bahrain pada menit ke-15 melalui tendangan bebas jarak jauh yang tak mampu dijangkau Maarten Paes.

Mohamed Marhoon nyaris menggandakan keunggulan Bahrain pada menit ke-16. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti hanya melebar tipis dari gawang Maarten Paes.

Cuaca yang panas memaksa pemain kedua tim untuk rehat sejenak pada menit ke-29. Shin Tae-yong memberikan instruksi terbaru kepada para pemain Timnas Indonesia.

Pada menit ke-32, upaya individu Rafael Struick untuk menembus pertahanan Bahrain dari sisi kanan berhasil digagalkan oleh pemain bertahan lawan, hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Bahrain terus memberikan tekanan pada pertahanan Indonesia. Menit ke-39, Jay Idzes, Jordi Amat, dan pemain belakang lainnya harus bekerja ekstra keras untuk mengamankan gawang.

Pada menit ke-43, Sandy Walsh mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Namun, sundulannya menyambut umpan silang gagal mengarah ke gawang dan dengan mudah diamankan kiper Bahrain.

Di tengah kerumunan pemain Bahrain pada menit ke-47, Ragnar Oratmangoen dengan tenang melepaskan tembakan terukur yang bersarang di gawang lawan. Gol ini menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Setelah gol Ragnar Oratmangoen, wasit Al Kaf sempat meninjau ulang tayangan VAR karena adanya klaim offside dari pemain Bahrain. Namun, setelah pemeriksaan, VAR mengkonfirmasi bahwa gol tersebut sah.

Babak pertama pertandingan antara Bahrain dan Timnas Indonesia berakhir dengan skor imbang 1-1.

Shin Tae-yong melakukan dua pergantian pemain di awal babak kedua. Sandy Walsh dan Jordi Amat digantikan oleh Eliano Reijnders dan Rizky Ridho.

Bahrain kembali mengancam pada menit ke-52. Mohamed Marhoon, pemain nomor 8, memberikan ancaman serius dengan sepakan kerasnya, namun bola masih melambung di atas gawang.

Memasuki menit ke-55, Timnas Indonesia mulai mengambil inisiatif serangan. Ivar Jenner dan Thom Haye bekerja keras menjaga keseimbangan di lini tengah, sementara Struick dan Calvin Verdonk mencoba menciptakan peluang dari sisi sayap.

Menit ke-60, Ragnar Oratmangoen menunjukkan kecepatannya dengan melesat di sisi kiri pertahanan Bahrain. Meski dikawal ketat, ia berhasil mengirimkan umpan silang, namun sayang tidak ada rekan setim yang berada di posisi yang tepat untuk menyambutnya.

Bek FC Twente, Mees Hilgers, menunjukkan kelasnya dengan aksi individu yang brilian. Dalam sebuah duel, ia berhasil membuat pemain Bahrain, Marhoon, terjatuh.

Menit ke-75, Rafael Struick menyulap laga dengan gol indahnya. Berawal dari serangan balik cepat, pemain Brisbane Roar ini melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti yang membuat kiper Bahrain tak berdaya.

Ragnar menerima kartu kuning pada menit ke-76 setelah melakukan pelanggaran keras kepada kapten tim Bahrain.

Marteen Paes menunjukkan aksi penyelamatan gemilang saat bola hasil tendangan bebas pemain Bahrain membentur kepala Rizky Ridho. Kiper FC Dallas ini sigap mengamankan gawangnya.

Menit ke-90, drama terjadi saat pemain Bahrain kembali melakukan simulasi jatuh. Akibatnya, Indonesia harus menghadapi tendangan bebas berbahaya di dekat kotak penalti.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Timnas Indonesia vs Bahrain

Beruntung, Marteen Paes berhasil menyelamatkan gawangnya. Wasit pun memberikan tambahan waktu 6 menit di babak kedua.

Mohamed Marhoon kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+6, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Pertandingan yang seharusnya berakhir pada menit ke-90+6, secara kontroversial dilanjutkan hingga menit ke-90+11 oleh wasit.

Wasit Al Kef mengakhiri pertandingan dengan tiupan peluit panjang, menandai berakhirnya laga antara Indonesia dan Bahrain dengan skor imbang 2-2.

Berikut Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Bahrain:

Timnas Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat, Ivar Jenner, Thom Haye, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Rafael Struick, Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Bahrain: Ebrahim Lutfalla, Amine Benaddi, Vincent Emmanuel, Waleed Alhayam, Abdulla Alkhalasi, Abbas Fadhel Alasfoor, Ali Madan, Mohamed Marhoon, Ali Haram, Kmail Alaswad, Mahdi Abdul Jabar Hasan.

Pelatih: Dragan Talajic. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS