Hey Ladies, Ini 5 Olahraga Bisa Turunkan Berat Badan Kamu

Fitrah Nugraha

Reporter

Rabu, 19 Januari 2022  /  9:44 am

Ilustrasi jogging. Foto: Repro thesolestudio.com

KENDARI, TELISIK.ID - Kebanyakan wanita ingin memiliki tubuh yang ideal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, olahraga salah satu cara untuk mencegah komplikasi parah akibat berat badan bertambah atau obesitas, khususnya pada wanita.

Manfaat olahraga yang paling penting bagi wanita adalah menjaga berat badan. Wanita cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan, sehingga olahraga adalah jalan keluarnya.

Setelah usia 40 tahun, wanita juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan jika kurang aktivitas fisik. Jaga tubuh tetap aktif adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan, seperti masalah jantung, diabetes, radang sendi dan lainnya.

Dilansir dari Times of India, berikut ini olahraga yang baik dan tepat untuk wanita:

1. Berjalan

Manfaat berjalan kaki tidak perlu diragukan lagi. Menurut Arthritis Foundation, berjalan membantu meningkatkan sirkulasi darah, membatasi hilangnya massa tulang, membantu penurunan berat badan, memperkuat otot, meningkatkan kualitas tidur, mendukung persendian, meningkatkan kapasitas paru-paru, memperlambat penurunan mental, dan menurunkan risiko Alzheimer.

Satu studi terhadap wanita pasca-menopause menemukan bahwa 30 menit berjalan kaki setiap hari mengurangi risiko patah tulang pinggul sebesar 40 persen.

Menurut Harvard Health, diperkirakan bahwa seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar sekitar 167 kalori per 30 menit berjalan kaki dengan kecepatan sedang 4 mph (6,4 km/jam).

2. Jogging

Setelah Anda merasa nyaman dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda dapat meningkatkan cara berjalan Anda menjadi jogging sederhana.

Jogging jauh lebih efektif daripada berjalan, karena membantu membakar lemak visceral yang berbahaya. Apalagi, Anda tidak membutuhkan apapun untuk jogging atau berlari. Manfaat berjalan kaki tidak perlu diragukan lagi.

3. Renang

Berenang adalah rekreasi sekaligus aktivitas yang menyehatkan. Berenang menjaga detak jantung Anda, mengencangkan otot, dan latihan keseluruhan untuk tubuh.

Bagi mereka yang memiliki nyeri sendi, bentuk aktivitas fisik lain dapat memperburuk rasa sakit. Berenang bisa menjadi olahraga alternatif yang tepat.

Baca Juga: Yuk, Intip 11 Sumber Kekayaan yang Bikin Gilang Juragan 99 Kaya Raya

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), olahraga dapat membantu orang dengan penyakit kronis. Pada penderita radang sendi, olahraga ini meningkatkan penggunaan sendi tanpa memperburuk gejalanya.

4. Bersepeda

Bersepeda juga sangat bermanfaat bagi orang setelah usia 30 tahunan. Penelitian oleh Harvard Health telah mengikuti lebih dari 18.000 wanita selama 16 tahun untuk mempelajari hubungan antara perubahan aktivitas fisik dan berat badan.

Baca Juga: Ikuti Ajang Wajah Pesona Indonesia, Finalis Asal Sultra Raih Juara 1 Kategori Terfavorit

Rata-rata, wanita mendapatkan sekitar 9 kg selama penelitian. Tapi, wanita yang meningkatkan aktivitas fisiknya 30 menit per hari bisa mengalami penurunan berat badan dibandingkan wanita yang tingkat aktivitasnya tetap stabil. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali