Kabinet Era Prabowo-Gibran Dikabarkan Gemuk Berjumlah 44 Menteri dan Lembaga

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 15 September 2024  /  10:44 am

Susunan kabinet di era pemerintahan Prabowo bakal berjumlah 44 menteri dan lembaga. Foto: Instagram @gerindra

JAKARTA, TELISILIK.ID - Pemerintahan di era Prabowo Subianto dikabarkan mengalami perubahan signifikan dalam jumlah kementerian. Jumlah kementerian atau lembaga diprediksi bertambah menjadi 44, yang sebelumnya di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya 34.

Informasi ini didapat dari Ketua MPR RI dan politikus senior Partai Golkar, Bambang Soesatyo, yang biasa disapa Bamsoet.

Bamsoet membocorkan kabar tersebut dalam suasana santai saat menyampaikan sambutan di acara pembukaan Turnamen Bulu Tangkis DPR dan MPR di GOR Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dengan nada canda, Bamsoet menyebut bahwa informasi yang ia dapatkan terkait penambahan pos kementerian berasal dari obrolan warung kopi. Namun demikian, bocoran ini cukup menarik perhatian publik, mengingat ia adalah salah satu tokoh penting di parlemen dan Golkar.

Dalam acara tersebut, Bamsoet secara khusus menyapa dua tokoh politik yang hadir, yaitu Nusron Wahid dari Golkar dan Viva Yoga Mauladi dari PAN. Ia bahkan menyebut keduanya sebagai calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Baca Juga: PDIP Merapat ke Kabinet Zaken Prabowo jika Hal Ini Terpenuhi

"Selamat kepada Pak Nusron, calon Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Beliau juga digadang-gadang jadi Menteri Perhubungan," ujar Bamsoet, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (15/9/2024).

Tidak hanya Nusron, Bamsoet juga bercanda bahwa Viva Yoga kemungkinan besar akan menjadi salah satu dari lima menteri PAN di kabinet Prabowo-Gibran.

"Yang saya hormati Pak Viva Yoga, ini juga santer disebut-sebut calon menteri. Karena pembicaraan banyak di warung kopi, PAN dapat lima kursi menteri. Salah satunya adalah Mas Viva Yoga," lanjut Bamsoet.

Selain menyebutkan dua nama tersebut, Bamsoet juga mengungkapkan bahwa ia mendengar adanya kemungkinan penambahan jumlah menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran. Jumlah menteri yang semula 34 di era Presiden Jokowi, dikabarkan akan bertambah menjadi 44 di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurut Bamsoet, dengan penambahan jumlah menteri ini, diharapkan ada kesempatan bagi para anggota DPR untuk menduduki kursi eksekutif, sehingga mereka dapat merasakan pengalaman yang berbeda.

Bamsoet bahkan menyampaikan dengan bercanda bahwa menjadi menteri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus penuh tantangan.

Baca Juga: PKB Ikut Setor Nama Kader untuk Diajukan ke Kabinet Prabowo - Gibran

"Mudah-mudahan kawan-kawan kita di DPR berkesempatan menjadi eksekutif, sehingga bisa merasakan dimaki-maki oleh kolega sendiri," ujar Bamsoet.

Meski begitu, Bamsoet menekankan bahwa jumlah kementerian tersebut masih dalam tahap pembahasan, sehingga belum ada kepastian. Menurutnya, informasi ini lebih bersifat spekulasi atau "gosip warung kopi" yang belum tentu benar.

Ia juga menambahkan bahwa keputusan akhir mengenai jumlah kementerian di kabinet Prabowo-Gibran akan diputuskan nanti setelah proses diskusi dan pembahasan lebih lanjut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS