Kemenkumham Raih Penghargaan di Anugerah Pengadaan Barang/Jasa 2024

Sigit Purnomo

Reporter

Kamis, 10 Oktober 2024  /  6:59 pm

Kemenkumham meraih penghargaan dalam acara Anugerah SDM dan Kelembagaan Pengadaan Barang/Jasa 2024 oleh LKPP. Foto: Ist

JAKARTA, TELISIK.ID – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meraih penghargaan dalam acara "Anugerah SDM dan Kelembagaan Pengadaan Barang/Jasa 2024," yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Kamis (10/10/2024).

Kementerian yang dipimpin oleh Supratman Andi Agtas ini berhasil meraih prestasi dalam beberapa kategori, yaitu: Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) dan Pejabat Fungsional Pengelola PBJ Berprestasi, kategori UKPBJ Proaktif dengan Keterisian Pejabat Fungsional Pengelola PBJ Tertinggi, serta kategori UKPBJ Proaktif dengan Capaian Usaha Mikro Kecil (UMK) Tertinggi.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Nico Afinta, menyatakan bahwa Kemenkumham terus berupaya meningkatkan kualitas pengadaan barang/jasa.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem pengadaan yang mendukung produk dalam negeri dan Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi (UMKK) di Indonesia.

Baca Juga: Modus Ajarkan Main Musik, Oknum Guru SMK Diduga Gesek-Gesek Alat Kejantanan ke 15 Siswi

“Kemenkumham meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan porsi pelaku usaha mikro, kecil, serta koperasi,” ujar Nico usai acara penghargaan di Hotel Pullman, Jakarta.

Ia mengungkapkan bahwa UKPBJ Kemenkumham telah mencapai level kematangan 3 atau level proaktif, yang merupakan komponen utama dalam pilar transformasi tata kelola pengadaan barang/jasa.

"Kemenkumham berada pada level kematangan proaktif, yang berarti kami fokus pada kebutuhan pemangku kepentingan melalui koordinasi internal dan eksternal," ungkap Jenderal Polisi bintang tiga tersebut.

Capaian ini, menurut Nico, merupakan hasil komitmen seluruh jajaran Kemenkumham dalam mematuhi aturan-aturan terkait pengadaan barang/jasa.

"Ini adalah hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh tim di Kemenkumham, yang telah mematuhi aturan dan parameter yang ditetapkan," tutur mantan Kepala STIK Lemdiklat Polri ini.

Ia juga menyebutkan bahwa Kemenkumham telah menerima penghargaan serupa dari LKPP sejak tahun 2022. Kemenkumham berupaya untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan, keunggulan dalam pengadaan barang/jasa di masa mendatang.

Baca Juga: Viral, Presenter TV Sebut Timnas Indonesia dengan Garuda Bule Picu Murka Netizen

"Sejak tahun 2022, 2023, hingga 2024, kualitas pengadaan barang/jasa Kemenkumham terus meningkat. Dukungan dari pimpinan sangat penting, dan Kemenkumham akan terus berpartisipasi dalam ajang tahunan ini," kata Nico.

Acara "Anugerah SDM dan Kelembagaan Pengadaan Barang/Jasa 2024" merupakan ajang tahunan yang diinisiasi oleh LKPP. Tahun ini, penghargaan untuk Kemenkumham diserahkan oleh Plh. Kepala LKPP, Iwan Herniwan, kepada Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Nico Afinta; Kepala Biro BMN, Aman Riadi; serta Pejabat Fungsional Pengelola PBJ, Anggara Rawijayadi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menanggapi bahwa penghargaan ini adalah bukti kerja keras dan komitmen dari Kemenkumham.

Ia berharap seluruh jajarannya dapat berkontribusi dalam mendukung peningkatan kualitas pengadaan barang/jasa di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS