Langkah Pj Bupati Dilirik Kaum Muda Muna Barat

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Kamis, 22 Desember 2022  /  10:22 pm

Pj Bupati Muna Barat, Bahri dijuluki sebagai tokoh perubahan di daerah oleh kalangan muda. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gebrakan Bahri selama menahkodai Muna Barat sebagai Penjabat (Pj) bupati rupanya mendapat lirikan dari berbagai pihak, khususnya kaum muda di Kabupaten Muna Barat.

Sosok Bahri yang selama ini selalu tampil dan komunikatif terhadap media rupanya menjadi sorotan tersendiri bagi kalangan muda, pasalnya dengan gebrakan dan tindakan yang dilakukan tersebut, ia dijuluki sebagai tokoh perubahan di daerah.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Sawerigadi (HIPPMANSA), Andi Jul Fitra, mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Bahri selaku Pj Bupati Muna Barat sejak 25 Mei 2022.

Baca Juga: Oknum Petugas Pantai Toronipa Disanksi Atas Dugaan Pungli

Dapat dilihat dari keseriusan dan komitmennya dalam membangun kantor DPRD, mall pelayanan publik, rujab bupati, serta rujab pimpinan DPRD dan masjid agung yang ditargetkan selesai dibangun tahun 2023.

"Rencana pembangunan tersebut baru dimulai setelah kehadiran Bahri di Muna Barat, padahal sejak awal mekar Muna Barat telah digaungkan," ungkap Fitra, Kamis (22/12/2022).

Dikatakannya, pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku mendapat perhatian serius dari pemerintah, hal ini dibuktikan dengan pengalokasian anggaran perubahan APBD 2022 sebanyak Rp 3,1 miliar untuk pembebasan lahan dan Rp 1 miliar untuk Detail Engineering Design (DED).

Tak hanya itu, proses pengurusan dokumen izin lingkungan dalam hal ini UKL/UPL hampir rampung dengan kemitraan pemda dan para akademisi dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

"Saya lihat benar-benar gesit, sebab dituntaskan semua kekurangan pada pemerintahan sebelumnya oleh Pj bupati saat ini," pungkasnya.

Senada, Ketua Himpunan Mahasiswa Desa Lakalamba, Saldin Efendi, menurutnya banyak perubahan yang dilakukan saat ini, pasalnya sebelum kepemimpinan Bahri wajah perkantoran Muna Barat cenderung berantakan.

"Dulunya tidak ada kejelasan kapan akan dibangun perkantoran, sekarang sudah mulai direalisasikan," ujar Saldin.

Baca Juga: DTPHP Muna Cari Calon Petani Penyuplai Jagung Kuning

Selain itu, ia juga mengapresiasi komitmen daerah terkait ganti rugi lahan masyarakat dengan menurunkan tim appraisal yang saat ini telah dibentuk oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, yang bertugas untuk menghitung nilai ganti rugi lahan bagi masyarakat yang lahannya terkena jalur pembangunan Bumi Praja Laworoku.

“Dulunya kan hanya janji-janji, sekarang saya melihat dengan betul-betul  bekerja dengan pembuktianya,” katanya.

Olehnya itu, ia mengajak seluruh masyarakat Muna Barat, terutama kaum muda untuk mendukung langkah konkret dari pemerintah yang dimentori Pj Bupati Muna Barat. Sebab menurutnya, kepentingan idealisme pemuda ialah menciptakan percepatan pembangunan daerah agar tak tertinggal dengan daerah pemekaran lainnya.

"Mari kita senantiasa kita berpikir jernih tanpa ada hal-hal lain," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS