Antam Resmi Kerahkan Polisi Jaga Obvitnas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
Antam Resmi Kerahkan Polisi Jaga Obvitnas
Pengamanan kawasan IUP Antam UBPN Konawe Utara sebagai objek vital nasional oleh pihak kepolisian. Foto: Ist.

" Saat ini masih terjadi illegal mining di wilayah IUP Antam UBPN Konawe Utara, dengan hadirnya bantuan pengamanan dari Polda Sulawesi Tenggara, diharapkan aktivitas illegal mining dapat dihentikan "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Kawasan yang dilabeli objek vital nasional (obvitnas) punya peran krusial dalam membangun perekonomian negara. Kawasan tersebut sejatinya dijaga ketat oleh pihak berwajib agar tetap steril dari konflik.

PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) resmi mengerahkan personel pengamanan dari unsur Pamobvit Polda Sulawesi Tenggara, Brimob Polda Sulawesi Tenggara, Ditkrimsus Polda Sulawesi Tenggara dan Ditkrimum Polda Sulawesi Tenggara serta dari unsur Polres Konawe Utara, yang bertugas mulai per 1 Februari 2023 lalu.

Penugasan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjas ama Antam bersama Polda Sulawesi Tenggara untuk menjaga keamanan area tambang Antam UBPN Konawe Utara.

General Manager UBPN Konawe Utara, Hendra Wijayanto, berharap dengan kerja sama ini, kedua belah pihak dapat bersinergi dalam mengamankan aset negara yang dimiliki Antam.

Menurutnya, kondisi saat ini masih terjadi aktivitas illegal mining di wilayah IUP Antam, dengan hadirnya bantuan pengamanan dari Polda Sulawesi Tenggara, diharapkan aktivitas illegal mining dapat dihentikan, sehingga kerugian negara tidak terjadi lagi.

Baca Juga: Wilayah Tambang Antam Konawe Utara Bakal Dijaga Ketat

Selain tenaga pamobvitnas Polda Sulawesi Tenggara, Antam juga telah menambah jumlah tenaga keamanan sipil dan fasilitas patrolinya dalam rangka menjaga aset negara di Objek Vital Nasional di dalam IUP Antam di Konawe Utara.

Hendra Wijayanto bersama Bussiness Support Senior Manager, Muhammad Rusdan dan GA, ER & CSR Manager Umar Yahya didampingi tim pengamanan, memimpin langsung melakukan patroli pengamanan di wilayah IUP Antam, sekaligus melakukan pengecekan pos-pos dan portal penjagaan yang telah ditempatkan oleh personel pengamanan Polda Sulawesi Tenggara dan Tim Pengamanan Antam UBPN Konawe Utara.

Dalam kegiatan patroli dan monitoring, terpantau tidak ditemukan adanya aktivitas illegal mining di wilayah IUP Antam UBPN Konawe Utara.

Baca Juga: Puluhan Pekerja Antam Ikut Donor Darah

Sebelumnya diketahui Antam UBPN Konawe Utara baru saja ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional. Penetapan ini termuat dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 270.K/HK.02/MEM.S/2022 tentang perubahan ketiga atas keputusan Menteri ESDM Nomor 77 K/90/Memiliki/2019 tentang Objek Vital Nasional bidang energi dan sumber daya mineral.

Dikutip dari Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 yang diunggah di Peraturan.bpk.go.id, pemberian bantuan pengamanan pada Obvitnas dan objek Tertentu, diberikan dalam bentuk jasa pengamanan Obvitnas dan objek tertentu dan/atau jasa sistem manajemen pengamanan (SMP).

Pengamanan tersebut dilaksanakan berdasarkan pada permintaan pengelola obvitnas dan/atau objek tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga