Mengulik Profil Ir. Afdhal, Kandidat Wakil Wali Kota Kendari Termuda

Sigit Purnomo

Reporter

Rabu, 16 Oktober 2024  /  1:46 pm

Profil calon Wakil Wali Kota Kendari Ir. Afdal. Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Ir. Afdhal, salah satu kandidat Wakil Wali Kota Kendari, maju dalam Pemilihan Walikota Kendari 2024 bersama Abdul Rasak sebagai Calon Walikota Kendari nomor urut 5.

Pasangan Afdhal dan Abdul Rasak didukung oleh beberapa partai, termasuk Partai Amanat Nasional (PAN), Perindo, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Kemunculan Afdhal dalam politik Kota Kendari terbilang mengejutkan, terutama karena ia dianggap sebagai figur politik baru. Namun, ia berhasil mencuri perhatian dengan tampil bersama Abdul Rasak, tokoh politik terkemuka yang telah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Kendari selama dua periode dan anggota DPRD selama empat periode.

Abdul Rasak sendiri dikenal luas karena kedekatannya dengan masyarakat, reputasi sebagai sosok yang jujur, amanah, dan bersih.

Afdhal lahir di Bulukumba pada 14 November 1984, dan kini menjadi warga Kendari, tinggal di Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga. Dengan usianya yang 40 tahun, Afdhal termasuk dalam generasi milenial, bahkan menjadi calon Wakil Walikota termuda dan paling milenial dalam Pilkada 2024.

Baca Juga: Sosok KH Asmuni: Pimpinan Pondok Pesantren Wafat Usai Ucap Alhamdulillah saat Tausiyah

Ia juga satu-satunya calon Wakil Walikota dengan latar belakang pendidikan di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota, sebuah keahlian yang relevan untuk pengembangan Kota Kendari.

Afdhal meraih gelar sarjana (S1) di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 2007. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan magister (S2) di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, mengambil program Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Kota dan lulus pada 2021.

Sejak masa kuliah, Afdhal aktif dalam berbagai organisasi, termasuk UKM Seni dan Budaya di UMI serta organisasi Mahasiswa Pecinta Alam. Ia juga terlibat di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan pernah menjabat sebagai Ketua HMI Komisariat FTI-UMI.

Saat ini, ia juga menjabat sebagai Koordinator Presidium Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Konawe.

Selain aktif di bidang organisasi, Afdhal memiliki minat yang kuat dalam olahraga dan petualangan. Pada 15 Mei 2023, ia berhasil mencapai puncak Gunung Jaya Wijaya di Papua, puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Ia juga menggemari olahraga Muaythai dan menjadi Ketua Muaythai Indonesia Kendari.

Di bidang politik, Afdhal mulai terjun pada April 2023 dan dipercaya menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Perindo Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Sosok Ahmad Muzani, Politisi Kepercayaan Prabowo jadi Ketua MPR 2024 - 2029

Pada 8 Oktober 2023, ia dilantik oleh Ketua Umum Perindo, Harry Tanoesoedibjo, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Sultra.

Sebelum terjun ke dunia politik, Afdhal telah meniti karier profesional sejak 2006 di industri pertambangan, berperan sebagai tenaga ahli geologis dan engineering eksplorasi di berbagai perusahaan pertambangan.

Ia juga dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang pertambangan dengan berbagai jabatan penting di sejumlah perusahaan. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS