Sosok KH Asmuni: Pimpinan Pondok Pesantren Wafat Usai Ucap Alhamdulillah saat Tausiyah

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 12 Oktober 2024
0 dilihat
Sosok KH Asmuni: Pimpinan Pondok Pesantren Wafat Usai Ucap Alhamdulillah saat Tausiyah
Pimpinan Pondok Pesantren Alquran, Al Ihsan Pandeglang, KH Asmuni Muhammad Noor telah meninggal dunia. Foto: Instagram @pondokpesantren_alihsan

" KH Asmuni Muhammad Noor bin KH Muhammad Noor meninggal dunia setelah memberikan tausiyah dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Selasa (8/10/2024) "

PANDEGELANG, TELISIK.ID - KH Asmuni Muhammad Noor bin KH Muhammad Noor, pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren Alqur’an Al-Ihsan di Pandeglang, telah berpulang ke rahmatullah.

Ia meninggal dunia setelah memberikan tausiyah dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Selasa (8/10/2024). Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, santri, dan umat Islam di Indonesia.

Video detik-detik menjelang wafatnya KH Asmuni beredar luas di media sosial. Hingga saat ini frasa "KH Asmuni meninggal dunia" menjadi trending topic dalam penelusuran di Google.

Banyak masyarakat yang penasaran dengan sosok ulama besar ini setelah melihat video yang viral di platform online. Masyarakat merasa kehilangan seorang pemimpin yang sangat dihormati.

Melalui siaran langsung kanal YouTube ALIHSAN_TV, KH Asmuni terlihat duduk berdampingan dengan Habib Ali Bin Syaikh Abu Bakar Bin Salim.

Dalam suasana yang khidmat tersebut, ulama terkemuka ini mengenakan pakaian serba hitam dan peci putih, sambil memegang secarik kertas berisi materi tausiyah. Seluruh perhatian terfokus padanya.

Baca Juga: Sosok Kamila Asy Syifa, Nikah Muda dengan Pendakwah Guz Zizan

Awalnya, tidak ada tanda-tanda mencurigakan dari KH Asmuni. Habib Ali tampak tersenyum bahagia saat KH Asmuni menyampaikan ceramahnya.

Mengutip dari jatimtimes.com, Jumat (11/10/2024), beberapa saat setelah mengucapkan kata "Alhamdulillah," KH Asmuni tiba-tiba jatuh ke depan.

Situasi ini membuat para petugas yang berada di dekatnya segera menahan tubuhnya untuk mencegah terjatuh lebih parah.

Sebelum berpulang, KH Asmuni menyampaikan kata-kata terakhir yang menyentuh hati.

"Catat baik-baik untuk para alumni, Abi tidak ikut-ikutan. Habib Ali BSA ini adalah keturunan Rasulullah (Ba'alawy), maka sudah seharusnya kita menghormati, memuliakan, serta mendengarkan apa yang beliau sampaikan. Sebentar… Alhamdulillah," pesannya.

Kepergian KH Asmuni menjadi kehilangan besar bagi pesantren dan umat Islam di Indonesia. Para santri yang dibimbingnya merasakan duka mendalam atas berpulangnya sosok guru yang penuh kasih sayang.

KH Asmuni dikenal sebagai seorang ulama yang tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik kepada para santrinya.

Pihak pesantren berharap warisan ilmu dan akhlak KH Asmuni akan menjadi bekal berguna bagi generasi penerus dan umat secara luas.

Baca Juga: Sosok Ahmad Muzani, Politisi Kepercayaan Prabowo jadi Ketua MPR 2024 - 2029

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi Pondok Pesantren Al-Ihsan, pihak pesantren mengabarkan duka tersebut dengan penuh rasa hormat.

"Dengan penuh rasa duka, kami keluarga besar Ponpes Al-Ihsan mengabarkan bahwa Mbah Yai Asmuni M. Noor telah berpulang ke rahmatullah," tulis pesan di akun tersebut.

KH Asmuni dikenal sebagai ulama besar yang penuh perhatian kepada santri-santrinya. Kehilangan ini sangat dirasakan oleh pesantren dan masyarakat luas. Penghormatan dan doa pun terus mengalir dari berbagai kalangan untuk mendoakan KH Asmuni.

"Kami yakin ilmu yang beliau wariskan akan menjadi penerang di alam kubur," lanjut pesan tersebut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga