Museum Sultra Dibobol Maling, Samurai Peninggalan Jepang Raib

Siswanto Azis

Reporter

Rabu, 27 Januari 2021  /  10:49 am

Kondisi Museum Sultra pasca dibobol pencuri. Foto: Siswanto Azis/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Pencurian benda purbakala kembali terjadi. Kali ini yang jadi sasaran adalah Museum Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sejumlah koleksi kuno seperti logam, kuningan serta satu senjata tajam jenis samurai kuno peninggalan Jepang yang disimpan di museum itu ikut hilang dicuri.

Puluhan koleksi purbakala kuno yang dicuri itu berada di tempat penyimpanan di tiga almari kaca di Museum Sulawesi Tenggara yang terletak di Jalan Abunawas Kota Kendari.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, untuk lebih detailnya terkait apa saja yang hilang di dalam museum, pihak museum dan pihak kepolisian masih melakukan pendataan.

Baca juga: Lima Hari Hilang, Mayat Pria Ditemukan Membusuk di Sungai

“Hari ini kita masih mendata bersama pihak kepolisian terkait benda-benda apa saja yang hilang,” jelasnya, Rabu (27/1/3021).

Lebih lanjut Asrun Lio menjelaskan, sesuai data sementara, barang-barang purbakala yang hilang adalah yang memiliki nilai sejarah tidak terlalu sulit dicari di pasaran.

“Yang hilang ini hanya yang ringan-ringan, di tempat dekorasi pengantin bisa didapat,” ujarnya.

Pencurian itu pertama kali diketahui pagi tadi, oleh salah seorang pegawai museum ketika hendak masuk ke museum. Pencuri diduga masuk ke museum dengan membobol pintu belakang yang tidak ada penjagaan. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TOPICS