Nomor Ponsel Akun Kaskus Fufufafa Persis dengan Isi Foto Dokumen saat Gibran Ikut Pilkada Solo

Ahmad Jaelani

Reporter

Selasa, 24 September 2024  /  10:22 am

Dokumen pencalonan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tersebar di media sosial. Foto: Repro Antara

JAKARTA, TELISIK.ID - Akun Kaskus Fufufafa terus menjadi topik hangat, terutama karena isinya yang menyerang Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Kabarnya, akun tersebut adalah milik Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Meski begitu, Menkominfo Budi Arie pernah menegaskan bahwa akun tersebut bukan milik Gibran. Namun, kini muncul bukti baru yang semakin memperkuat dugaan bahwa Gibran adalah pemilik akun tersebut.

Mengutip suara.com jaringan telisik.id, Selasa (24/9/2024), bukti itu menunjukkan bahwa nomor ponsel yang digunakan oleh akun Fufufafa ternyata terdaftar atas nama Gibran di dokumen pencalonannya sebagai Wali Kota Solo.

Sebelumnya, warganet telah mencoba mengirim GoPay ke nomor yang diduga milik Gibran, namun nomor tersebut telah diubah namanya menjadi Slamet.

Dalam dokumen pencalonan Gibran sebagai Wali Kota Solo, nomor ponselnya terlihat jelas. Hal ini semakin memperkuat dugaan bahwa dia adalah pemilik akun Fufufafa.

Foto dokumen itu bahkan telah tersebar luas di media sosial. Nomor ponsel yang tercantum juga sebelumnya telah disebarkan oleh akun X @yourAnonId_.

Baca Juga: Buka Suara Soal Postingan di Kaskus Fufufafa, Gibran: Tanyakan ke yang Punya Akun

Sebagai informasi, Gibran bersaing dalam Pilkada Solo 2020 dan akhirnya terpilih sebagai Wali Kota Solo. Dia dilantik pada 26 Februari 2021. Fakta bahwa nomor ponselnya terdaftar dalam dokumen pencalonan semakin meyakinkan banyak pihak bahwa Gibran mungkin benar adalah pemilik akun Fufufafa.

Nomor ponsel Gibran sebelumnya sempat dibocorkan oleh akun X @yourAnonId_. Beberapa warganet mencoba memvalidasi kepemilikan nomor tersebut dengan mengirim GoPay ke nomor yang tersebar. Ketika transfer dilakukan, nama penerima yang muncul adalah Gibran Rakabuming Raka.

Namun, setelah nomor ponsel tersebut beredar luas, nama penerima di aplikasi Gojek diubah menjadi Slamet. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa Gibran berusaha menutupi jejaknya.

Meski begitu, netizen tetap menemukan cara untuk membuktikan bahwa nomor tersebut memang milik Gibran. Pengguna Gojek bisa mengganti nama tampilan di aplikasinya.

Namun, nama asli pemilik akun Gojek tidak bisa diganti jika GoPay dikirim melalui metode virtual account bank.

Netizen yang mencoba menggunakan metode ini menemukan bahwa nama asli pemilik akun tersebut tetap Gibran, meskipun nama tampilan di aplikasi telah diubah.

Sebelumnya diberitakan telisik.id, Gibran dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak mengetahui tentang akun tersebut. Saat ditanya lebih lanjut oleh para wartawan mengenai keaslian akun itu, Gibran meminta agar wartawan bertanya langsung kepada pemilik akun.

“Lha mbuh, takono sing duwe akun, kok aku (tidak tahu, tanyakan ke yang punya akun. Kok ke saya),” jawab Gibran setelah kegiatan blusukan di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Selasa (10/9/2024).

Setelah menjawab pertanyaan singkat itu, Gibran langsung meninggalkan lokasi. Meskipun awak media mencoba mendesak dengan pertanyaan lebih lanjut.

Gibran memilih tidak menanggapi dan berpamitan kepada warga yang hadir di acara blusukan tersebut. Mobil yang ditumpangi Gibran segera meninggalkan tempat.

Baca Juga: DPR Buka Kemungkinan Kabinet Prabowo - Gibran Bertambah, Jumlah Kursi di Komisi Lebih Banyak

Ramai perbincangan mengenai akun fufufafa ini bermula dari sejumlah warganet yang mengunggah tangkapan layar dari beberapa postingan di Kaskus. Postingan tersebut dianggap mengandung kritik tajam terhadap Prabowo Subianto.

Salah satu tulisan yang diunggah pada 17 September 2017 menyebutkan, “Kasihan capres yg anaknya fashion designer **.” Komentar tersebut diduga ditujukan langsung kepada Prabowo.

Selain itu, ada pula postingan lain yang diunggah pada 19 Juni 2018 yang berbunyi, “Istri cerai anak ** Trus mau lebaran sama siapa?” Tulisan itu juga menimbulkan spekulasi bahwa akun fufufafa dimiliki oleh seseorang yang memiliki sentimen negatif terhadap Prabowo.

Banyak warganet menduga kuat bahwa akun tersebut adalah milik Gibran Rakabuming. Dugaan ini semakin diperkuat dengan salah satu postingan dari akun fufufafa yang menyebut akun Twitter miliknya adalah @rkgbrn.

Akun Twitter dengan handle @rkgbrn diketahui pernah di-mention oleh akun Twitter @kaesangp yang merupakan akun milik Kaesang Pangarep, adik Gibran. Mention tersebut terjadi pada 24 Juni 2012, namun cuitan tersebut sudah dihapus oleh Kaesang.(C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS