Pedagang Laino Muna Keluhkan Pungli dan Lapak, Paslon Rajiun-Purnama Janji Perbaikan

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Sabtu, 12 Oktober 2024  /  8:52 pm

Paslon Rajiun-Purnama saat melakukan kunjungan di Pasar Laino. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Pedagang di Pasar Laino mengeluhkan pengelolaan pasar yang dinilai tidak teratur, berharap besar kepada pasangan calon (Paslon) Rajiun-Purnama untuk melakukan perbaikan.

Keluhan tersebut disampaikan oleh para pedagang saat kunjungan Paslon Rajiun-Purnama ke pasar tersebut.

Mereka mengungkapkan bahwa hingga kini belum ada penataan yang baik di Pasar Laino, terutama dalam hal penyewaan lapak serta pungutan liar pada parkir.

Beberapa pedagang juga mengeluhkan tarif parkir yang bervariasi dari pagi hingga sore hari. Di pasar ikan, pungli masih terjadi, dilakukan oleh sekelompok orang tertentu.

Baca Juga: Calon Bupati Burhanuddin Ingin Anak Bajau jadi Pemimpin Bombana di Masa Depan

Salah satu pedagang, Hasan Rapi, menyatakan bahwa para pedagang sudah lama bersabar menunggu perbaikan pengelolaan pasar, yang hingga saat ini masih terkesan tidak teratur.

“Pemilihan Bupati sudah dekat, dan kami merasa Bapak LM Rajiun Tumada adalah satu-satunya yang mendengar keluhan kami dan bisa memperbaiki situasi ini,” ujar Hasan, Sabtu (12/10/2024).

Pedagang lainnya, Muslim, menambahkan bahwa harapan besar dititipkan kepada LM Rajiun Tumada, yang dianggap memiliki karakter tegas dan disiplin, serta rekam jejak yang teruji sebagai pemimpin.

“Kita semua tahu bagaimana rekam jejak LM Rajiun Tumada, tidak diragukan lagi, apalagi didampingi oleh mantan direktur PDAM, Purnama Ramadhan, yang juga memiliki kompetensi tinggi,” pungkas Muslim.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Masyarakat All Out Dukung Rajiun-Purnama di Pilkada Muna

Sementara itu, Calon Bupati Muna, LM Rajiun Tumada, menyatakan bahwa ia telah memahami masalah yang ada di Pasar Laino dan berjanji untuk memperbaiki pengelolaan pasar tersebut.

“Saya akan memperbaiki pengelolaan Pasar Sentral Laino. Revitalisasi retribusi yang tertunggak selama bertahun-tahun akan kami pulihkan, dan kami akan memulai kembali dari nol,” ucap LM Rajiun Tumada.

Ia juga berjanji bahwa tidak akan ada lagi intimidasi terhadap pedagang, serta jika ia terpilih sebagai Bupati Muna, ia akan memerintahkan dinas terkait untuk menghentikan pengelolaan pasar oleh pihak ketiga.

“Saya akan menyelesaikan semua permasalahan di Pasar Laino ini,” tuturnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS