Pemda Konawe Fokus Program Rehabilitasi Lahan Pertanian Pasca Banjir

Sigit Purnomo

Reporter

Senin, 10 Juni 2024  /  1:18 pm

Pj Bupati Konawe lakukan rehabilitasi lahan pasca banjir. Foto: Ist.

KONAWE, TELISIK.ID – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, tengah memfokuskan program rehabilitasi lahan pertanian pasca bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Pondidaha beberapa waktu lalu.

"Penanganan infrastruktur pertanian pasca banjir menjadi fokus utama dalam upaya pemulihan lahan pertanian di daerah itu," kata Harmin Ramba, Rabu (5/6/2024).

Harmin Ramba menyampaikan bahwa program rehabilitasi pertanian ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk membantu para petani yang terdampak banjir.

"Program ini diharapkan dapat membantu para petani untuk kembali bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen mereka," jelas Harmin Ramba.

Baca Juga: Pj Bupati Harmin Ramba Apresiasi BPR Bahteramas Konawe Atas Raihan Penghargaan Bergengsi

Lebih lanjut, Harmin Ramba menjelaskan bahwa program rehabilitasi pertanian ini terdiri dari beberapa komponen, yakni program asuransi pertanian yang dibiayai oleh pemkab, dimana program ini akan memberikan ganti rugi kepada para petani yang mengalami gagal panen akibat banjir.

Selanjutnya, bantuan hand traktor sebanyak 2 unit beserta combain. Alat-alat pertanian ini akan membantu para petani untuk mengolah lahan mereka dengan lebih mudah dan efisien. Serta bantuan bibit untuk 300 hektare lahan yang terdampak banjir. Bibit yang diberikan adalah bibit padi varietas Konawe yang tahan terhadap penyakit dan hama.

Baca Juga: Pemda Konawe Bakal Terapkan Sistem Tranportasi Cerdas

"Selain itu, saat ini kita juga memiliki stok bibit padi sebanyak 10.000 hektare. Dimana Stok bibit ini akan terus ditambah pada bulan ini," ungkapnya.

Pj Bupati Konawe berharap dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Konawe, para petani di Kecamatan Pondidaha dapat segera kembali bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen mereka.

"Dengan demikian, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani dan perekonomian di Kecamatan Pondidaha," tutupnya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS