Pemimpin Kota Kendari Diminta Perhatikan Keberlangsungan Pedagang Kecil dan UMKM

Siti Nabila

Reporter

Jumat, 20 September 2024  /  1:24 pm

Usman, salah seorang pedagang kecil di Kota Kendari, berharap Wali Kota Kendari terpilih dapat mensejahterakan pedagang dan UMKM. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang pemilihan kepala saerah serentak, masyarakat Kota Kendari berharap pemimpin yang terpilih nantinya, semakin memperhatikan keberlangsungan hidup pedagang dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pasalnya sejumlah pedagang dan pelaku UMKM di beberapa pasar tradisional juga pedagang keliling, mengaku makin kesulitan untuk bertahan hidup.

Mereka mengharapkan adanya kebijakan dari pemerintah kota yang berpihak pada usaha kecil, seperti dukungan dalam bentuk permodalan, pelatihan keterampilan, hingga bantuan pemasaran produk agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas.

Banyak yang menyuarakan kekhawatiran terkait tantangan yang dihadapi oleh sektor ini, terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.  

Baca Juga: Pelaku UMKM Harus Bisa Mengadopsi Perkembangan Teknologi

Setiawati misalnya, pedagang rujak buah yang tiap hari berdagang di sekitaran Jl. Brigjen Z.A Sugianto dan RSUD Kota Kendari. Dia berharap wali kota ke depan dapat memperhatikan UMKM dan pedagang kecil seperti dirinya.

"Kami butuh perhatian lebih dari pemerintah. Selama ini, kami bertahan dengan usaha sendiri. Namun, untuk berkembang lebih jauh, kami perlu dukungan, terutama dari pemimpin daerah," ujarnya, Jumat (20/9/2024).

Baca Juga: Pentingnya Literasi Keuangan Digital bagi UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Di samping itu, ia berharap pemerintah dapat menyediakan lokasi berdagang yang lebih baik, karena selama berdagang ia dan pedagang lainnya kerap dipindahkan dan tidak diberi alternatif berdagang dari Pemerintah Kota Kendari.

Hal lain juga diungkapkan Usman, Pedagang buah tak jauh dari lapak Setiawati. Ia mengungkapkan, saat ini masyarakat menanti aksi nyata dari pemimpin Kota Kendari, dengan harapan kesejahteraan bagi pedagang dan pelaku UMKM dapat semakin terjamin di masa depan. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS