Pemkab Buton Buka Ribuan Formasi PPPK

Febriyani

Reporter

Senin, 07 Oktober 2024  /  2:52 pm

Ratusan honorer saat melakukan aksi demonstrasi di kantor Bupati Buton. Foto: Ist.

BUTON, TELISIK.ID — Ratusan pegawai honorer di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendatangi kantor Bupati Buton. Mereka menuntut pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), yang hingga hari ini belum ada informasi kapan pendaftaran, Senin (7/10/2024).

Para honorer yang melakukan aksi di kantor Bupati Buton ini ada yang berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kebakaran maupun sejumlah guru.

Mereka berkumpul di depan kantor Bupati Buton sejak pagi. Menunggu penjelasan dari Penjabat (Pj) Bupati Buton maupun Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) terkait kuota P3K di Buton.

Kepala Satpol PP Kabupaten Buton, Muharam, membenarkan aksi yang dilakukan sejumlah honorer itu, khususnya dari honorer Satpol PP.

“Inilah yang dipertanyakan kawan-kawan yaitu formasi P3K. Informasi yang mereka dapat, kuota P3K tidak ada, tapi tunggu kepastian dari pimpinan,” ujarnya.

Baca Juga: 113 Formasi PPPK di Muna Tak Terisi

Muharam menyebutkan bahwa dari internal Satpol PP sendiri jumlah honorer sebanyak 365 orang.

Menanggapi tuntutan tersebut, Kepala BKPSDM Taufik Tombili, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Buton membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 dengan kuota sebanyak 1.020 orang lebih.

“Mulai saat ini sedang proses penerimaan pendaftaran. Awalnya masalah ini sebenarnya berdasarkan hasil telaah dari pihak Keuangan bawa anggaran belanja pegawai Kabupaten Buton sebesar 30% . Nah sekarang belanja pegawai Kabupaten itu kan sudah berada pada posisi 37 persen, ditambah dengan jumlah P3K yang akan direkrut nanti 1000 lebih ini berarti kita punya belanja juga berada pada angka 40 persen sekian sehingga posisi itu yang menjadi persoalan,” bebernya.

Baca Juga: Burhanuddin Pantau Kelancaran Ujian Seleksi CASN Formasi PPPK di Bombana

Lanjut diaz Pj Bupati Buton langsung menginstruksikan agar BKPSDM membuka penerimaan P3K 2024.

”Mulai hari ini penerimaan P3K kami sudah buka, hingga 19 Oktober nanti, dan bisa jadi ada perpanjangan waktu pendaftaran,” lanjutnya.

Untuk kegiatan penerimaan ini kata dia lagi, dananya apapun keadaannya, akan dimaksimalkan apa yang ada. Artinya,  pelaksanaan seleksi P3K dengan kondisi keuangan yang ada ini, akan dimaksimalkan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS