Perumda Air Minum Buton Raih Kategori Sehat Dari BPKP

Deni Djohan, telisik indonesia
Jumat, 24 Juni 2022
0 dilihat
Perumda Air Minum Buton Raih Kategori Sehat Dari BPKP
Dirut Perumda Air Minum Tirta Rimba Buton, Sabaruddin (kiri) mengatakan capaian yang diraih dari BPKP itu menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Foto: Ist

" Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Rimba Kabupaten Buton meraih kategori sehat dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) "

BUTON, TELISIK.ID - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Takawa Kabupaten Buton meraih kategori sehat dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Raihan itu dicapai melalui penilaian kinerja berdasarkan indikator dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) yang meliputi aspek keuangan, pelayanan, operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut catatan BPKP, dari aspek keuangan, capaian kinerja Perumda Air Minum Tirta Rimba Buton mendapat 0,83 dari nilai maksimal sebesar 1,25. Kemudian pada aspek pelayanan mendapat nilai 0,55 dari nilai maksimal 1,25. Sedangkan pada aspek operasional mendapat nilai 0,9 dari nilai maksimal 1,75 dan aspek SDM sebesar 0,51 dari nilai maksimal 1,75.

Dari jumlah tersebut, total nilai kinerja yang diperoleh Perumda Tirta Rimba tahun 2021 berjumlah 2,83 atau naik 0,36 dari tahun 2020 yakni berjumlah 2,47.

Selain itu, dalam penilaian kinerja berdasarkan indikator Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 47 tahun 1999, Perumda Tirta Rimba Buton mendapat klasifikasi cukup dengan torehan nilai, 54,07.

Baca Juga: Dukung Program Pj Bupati, HIPMI Buteng Siap Kolaborasi dengan Pemda

Dirut Perumda Air Minum Tirta Rimba Buton, Sabaruddin mengatakan, capaian tersebut merupakan motifasi untuk lebih meningkatkan kinerja serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun rencana peningkatan kinerja meliputi penekanan tingkat kehilangan air dan perbaikan kebocoran pipa.

"Semua rencana ini dalam rangka meningkatkan pendapatan PDAM sekaligus tantangan ke depan. Sebab mempertahankan capaian saat ini bukan hal mudah. Sehingga dibutuhkan kerja kolaboratif di setiap mitra PDAM baik di provinsi maupun di pusat," beber Sabaruddin kepada awak media, Jumat (24/6/2022).

Kata dia, capaian prestasi kali ini tidak terlepas dari rekomendasi BPKP sebelumnya yang kemudian menjadi acuan kinerja berikutnya. Tentunya, capaian ini akan disandingkan dengan rencana anggaran tahun 2022 ini.

"Selain itu, saya terus melakukan evaluasi kerja internal setiap bulan bersama kabag dan kepala unit untuk mengetahui capaian dan hambatan yang terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: Belum Genap Sebulan Jadi Pj Bupati, Bahri Sudah Lakukan Banyak Terobosan

Salah satu pelanggan, LM Irvan mengaku puas dengan pelayanan air bersih yang diberikan Perumda Air Minum Tirta Rimba Buton. Disamping itu, kualitas airnya juga sangat baik.

"Kalau jadwal mengalirnya itu hampir setiap hari. Dimulai dari siang sampai sore hari. Artinya, kami puas dengan pelayanan itu," pungkas warga Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokaluna itu. (A)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Musdar

Baca Juga