Petugas Administrasi Puskesmas di Bombana Positif COVID-19

Hir Abrianto

Reporter Bombana

Minggu, 16 Agustus 2020  /  1:52 pm

Heryanto, Jubir Satgas Penanggulangan COVID-19 Bombana saat konferensi pers beberapa waktu lalu. Foto: Hir/Telisik

BOMBANA, TELISIK.ID - Seoarang wanita berusia 46 tahun yang merupakan petugas administrasi Puskesmas Mataoleo, Kabupaten Bombana, dinyatakan positif terpapar COVID-19.

Jubir Satgas COVID1-19 Bombana, Heryanto, mengatakan, satu kasus baru tersebut adalah rekan dari 41 warga yang sebelumnya terpaksa harus dikarantina akibat penambahan kasus positif corona, seorang nakes (bidan).

"Dari kasus sebelumnya, seorang bidan, ada 41 orang tersebut merupakan hasil tracing kontak terhadap riwayat kontak seorang wanita yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan (Nakes) atau bidan di Puskesmas Kacamatan Mataoleo, Bombana. Satu orang rekan kerjanya ikut terpapar," Kata Heryanto kepada Telisik.id, Minggu (16/8/2020).

Saat ini, wanita 46 tahun itu menjalani karantina mandiri di rumahnya dan akan terus mendapatkan pemantauan oleh tim medis. Menurut Heryanto, pasien ini akan tetap menjalani masa karantina mandiri selama tidak ada gejala gangguan kesehatan.

Baca juga: Pengendara Ojol Meninggal Saat Membawa Penumpang

"Dia kondisinya tanpa gejala. Jadi dia jalani karantina mandiri saja di rumahnya dengan pantauan rutin dari tim medis. Kecuali kalau ada gejala maka kami akan putuskan untuk dirujuk," sambungnya.

Meski pasien ini memiliki profesi sebagai petugas di tempat pelayanan kesehatan, tapi Puskesmas Mataoleo dipastikan tidak diliburkan.

Sementara atas bertambahnya kasus baru ini, tim medis bersama tim penanggulangan wabah corona setempat terus melakukan tracking kontak.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali