Polda Sulawesi Tenggara Cek Mental Personel Polres Konawe Selatan untuk Gunakan Senpi

Ahmad Jaelani

Reporter

Rabu, 11 September 2024  /  9:40 pm

Biro SDM Polda Sultra memantau pengisian E-Mental dan Konseling Psikologi kepada Personel Polres Konawe Selatan. Foto: Ist

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pemeriksaan psikologis kepada personel Polres Konawe Selatan untuk pinjam pakai senjata api (senpi) organik Polri, Rabu (11/9/2024).

Pemeriksaan psikologis ini meliputi mapping psikologi, pengisian e-Mental, dan konseling psikologi kepada 53 personel Polres Konawe Selatan di aula Mapolres setempat.

Psikolog dari Kabagpsikologi Biro SDM Polda Sultra, Kompol Zunaidi, mengatakan pemeriksaan psikologis (rikpsi) senpi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis personel yang mengajukan permohonan pinjam pakai senpi dinas.

“Setiap personel Polri yang membawa senjata api diharapakan memiliki kesiapan secara psikologis seperti kemampuan antisipasi, kestabilan emosi, pengambilan keputusan sehingga mampu memahami tanggung jawab serta konsekuensi yang menyertainya,” ungkap Zunaidi, melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: KPU Muna Barat Target Partisipasi Pemilih 90 Persen di Pilkada 2024

Adapun mpapping psikologi dan pengisian e-Mental, kata Zunaidi, bertujuan untuk mengetahui profil dan kondisi psikologis yang dimiliki tiap-tiap personel sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi psikologi maupun berbagai kebutuhan dalam dinas.

Dalam mapping psikologi dan pengisian e-Mental terdapat beberapa aspek yang diukur, di antaranya  meliputi potensi kemampuan kognitif, kecenderungan kepribadian, serta kondisi psikologis secara umum.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelayanan konseling bagi personel yang terindikasi mengalami permasalahan baik permasalahan pribadi, keluarga, maupun kedinasan.

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemberian dukungan psikologis oleh Bagpsi Polda Sultra kepada personel yang bersangkutan agar mampu mengatasi permasalahan maupun mengelola stresnya sehingga tetap produktif,” ujar Zunaidi.

Baca Juga: Ibu di Buton Derita Pembengkakan Jantung dan Butuh Bantuan Dermawan

Zunaidi dalam kesempatan itu menyampaikan pesan dari Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Arief Fitrianto, bahwa SDM merupakan aset yang sangat berharga bagi suatu organisasi.

Karena itu, sebagai pengemban fungsi SDM, Bagian Psikologi Biro SDM mempunyai tanggung jawab dalam merawat dan mengoptimalkan potensi dari setiap personel.

“Kegiatan oleh Bagpsi Polda Sultra merupakan salah satu tindak lanjut dari arahan tersebut sebagai upaya memberikan dukungan psikologis sehingga kesehatan mental Pegawai Negeri pada Polri (PNPP) Polda Sultra tetap terpelihara,” kata Zunaidi.

Kesehatan mental dinilai sangat berpengaruh terhadap produktifitas personel di lingkungan kerja, keluarga, dan masyarakat. Kondisi personel yang sehat secara mental, kata Zunaidi, akan mendukung terciptanya Polisi yang profesional, humanis, berprestasi, dan mempunyai integritas yang baik. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS